Kerja Sama Perikanan Indonesia dengan Thailand



http://www.kkp.go.id/public/upload/images/headline/b4951da1b8d5fafff0c5c90d163fc8b3.JPG
Indonesia Berhasil Menyelesaikan Negosiasi Kesepakatan
Kerja Sama Perikanan dengan Thailand

                Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipimpin oleh Gellwyn Jusuf, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, bersama Kementerian Luar Negeri R.I. yang didampingi oleh perwakilan Pemerintah RI di Bangkok (KBRI) berhasil menyelesaikan negosiasi Memorandum Saling Pengertian (MSP) Kerjasama Bilateral di Bidang Perikanan dengan Pemerintah Thailand. MSP tersebut merupakan hasil pembahasan intensif pada pertemuan informal dengan Direktur Jenderal Perikanan Thailand dan Perwakilan Pemerintah Thailand pada tanggal 30 Juli 2013, di Bangkok-Thailand.

Draft MSP yang telah disepakati kedua belah pihak diharapkan dapat ditandatangani oleh Para Menteri yang menangani Perikanan dihadapan Kedua Pimpinan Negara Indonesia dan Thailand pada saat Pertemuan Puncak Para Pimpinan APEC (APEC Leaders' Summit) yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan Oktober 2013.

                Melalui penandatanganan MSP tersebut, akan memperkuat upaya Pemerintah Indonesia dalam mendukung pembangunan di sektor perikanan melalui program industrialisasi perikanan yang saat ini tengah gencar-gencarnya dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. MSP ini juga diharapkan dapat memperkuat berbagai upaya pengingkatan investasi usaha perikanan di dalam negeri, khususnya pemberantasan praktek-praktek penangkapan ikan yang tidak sah (Illegal Fishing) yang dilakukan oleh kapal-kapal berbendera asing. MSP juga menegaskan klausul yang terkait dengan pengembalian Anak Buah Kapal (ABK) dan nelayan dari kapal-kapal berbendera Thailand yang tertangkap jika melakukan penangkapan ikan secara ilegal (IUU Fishing) di wilayah perairan Indonesia, pemulangan ABK dan nelayan tersebut akan menjadi tanggung jawab negara bendera.
                Dalam rangka pemberantasan IUU Fishing tersebut, kedua negara lebih lanjut menyepakati perlunya pertukaran data dan informasi, khususnya terkait dengan data ekspor dan impor produksi perikanan, data pendaratan ikan, registrasi kapal dan data penghapusan sertifikat negara asal kapal (Deletion Certificate). Disamping itu, kedua negara juga sepakat untuk menunjuk otoritas kompeten dan melaksanakan Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI) yang diperluas tidak hanya untuk produk-produk perikanan hasil tangkapan di laut yang akan di re-eksporke Uni Eropa, tetapi penerapan SHTI akan juga meliputi semua produk yang diekspor Indonesia ke Thailand. Melalui pelaksanaan mekanisme-mekanisme tersebut diharapkan dapat diketahui dengan pasti ketertelusuran data kapal perikanan serta menjamin produk asal ikan yang didaratkan oleh kapal-kapal perikanan tersebut bukan merupakan hasil dari kegiatan IUU Fishing.
                Lebih lanjut, dalam rangka peningkatan investasi usaha perikanan di Indonesia, MSP tersebut juga akan memperkuat berbagai upaya peningkatan kapasitas (capacity building) yang telah dilakukan, antara lain melalui pelaksanaan program-program peningkatan kapasitas dan keterampilan nelayan. Melalui area kerjasama ini, diharapkan para nelayan tersebut tidak hanya terampil dalam melakukan penangkapan ikan di laut, tetapi juga sekaligus dapat menjaga penanganan mutu ikan yang baik dari penangkapan sampai dengan didaratkan, sehingga dapat menjamin mutu suplai bahan baku ikan ke industri-industri pengolahan ikan di Indonesia.
                Penyelesaian negoisasi MSP ini merupakan sebuah pencapaian positif dan langkah maju yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia, khususnya oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, mengingat penyelesaian negoisasi kesepakatan telah tertunda cukup lama sejak tahun 2006. Hasil yang menggembirakan ini seolah melengkapi pencapaian positif yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di bidang Kerjasama Perikanan. Hal ini mengingat pada bulan Mei 2013, proses negoisasi MSP yang sama dengan negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) juga telah berhasil diselesaikan dan Memorandum Saling Pengertian tersebut juga akan ditandatangani pada saat pertemuan APEC Leaders' Summit. Disamping itu, pada bulan sebelumnya Juni 2013, Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Gellwynn Jusuf, juga telah berhasil memperjuangkan diterimanya Indonesia sebagai negara Cooperating Non-Member (CNM) pada Organisasi Perikanan Tuna Regional Inter American Tropical Tuna Commission (IATTC). Dengan masuknya Indonesia sebagai CNM tersebut, Indonesia memiliki kesempatan untuk memperluas wilayah penangkapan ikannya ke laut lepas dengan turut memanfaatkan sumber daya perikanan tuna di wilayah Samudera Pasifik Bagian Timur, setelah terlebih dahulu akan mendaftarkan armada penangkapan ikan ke organisasi tersebut.
                Melalui berbagai pencapaian positif ini, kerjasama yang dilakukan diharapkan dapat memperkuat berbagai upaya Pemerintah dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan, sehingga pada akhirnya dapat berkontribusi pada keberlanjutan pembangunan sumber daya dan usaha perikanan guna peningkatan kesejahteraan nelayan Indonesia.  


sumber informasi:
website Kementerian Kelautan dan perikanan
http://www.kkp.go.id/index.php

Comments

  1. wah hebat nih, semoga berdampak lebih baik dan tercipta sebuah pencapaian positif serta langkah maju untuk Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga belum terlambat, Kami sekeluarga juga turut mengucapkan Selamat Iedul Fitri. 1 Syawal 1434 Hijriah, Minal Aidzin Walfaidzin. Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

      Delete
    2. Mohon maaf juga jika ada salah kata dalam berkomentar. salam sukses !

      Delete
    3. ANGKA JITU DAN AKURAT YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL 2D 3D 4D JAMIN 100% KARNA ANGKA RITUAL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH TERBUKTI 17 X TRIM?S ROO,MSOBAT

      Delete
  2. pertamax...
    Kunjungan perdana.
    ditunggu follbacknya...

    ReplyDelete
  3. kerenn..

    semoga aja setelah ada kerja sama ini tidak ada lagi maling ikan dari thailand ya om,.

    semoga sukses lah,.

    ReplyDelete
  4. semoga kerja sama Indonesia dengan Thailand bis berjalan dengan lancar, semuanya bisa saling menguntungkan, bagus juga nih semoga sukses kedepannya :)

    ReplyDelete
  5. Ma’af banget kawan baru bisa berkunjung lagi kesini,karena urusan DUTA yang sangat menyita waktuku

    wah ini awal dari kerjasama yang baik ni kawan,semoga saja dengan kerja sama ini kedua belah pihak sama-sama untung,,,,

    ReplyDelete
  6. Kerjasama yang bagus. Setidaknya sektor perikanan mulai menggeliat lagi.

    ReplyDelete
  7. semoga jadi peuang yang terbuka luas untuk para petani nelayan, dan masyarakat terkait lainnya, jangan juga kerjasama ini tidak berimbas langsung pada meningkatnya kesejahteraan petani dan nelayan secara menyeluruh.....majuuuuu

    ReplyDelete
  8. saya kayaknya deh tentang perjanjian ini. lama tuh Bang prosesnya dulu. alhamdulillaah ya sekarang sudah settled dan semoga menjadi momentum bagus untuk kemajuan perikanan bangsa kita.

    ReplyDelete
  9. Gema Takbir Menyapa Semesta,
    Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
    Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
    Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
    Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
    Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
    Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
    Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

    ReplyDelete
  10. Gema Takbir Menyapa Semesta,
    Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
    Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
    Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
    Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
    Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
    Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
    Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

    ReplyDelete
  11. Ramadhan membasuh hati yang berjelaga,
    Saatnya meraih rahmat dan ampunanNya
    Untuk lisan dan sikap yang takterjaga
    Mohon dibukakan pintu ma’af yang sebesar-
    Besarnya.
    Selamat Harri Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1434 H
    Minal Aidin Wal Faidzin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  12. Mudah2an akan berdampak kpd masyarakat nelayan dan dpr meninfkatkan hasil yg maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sukses, serta keberhasilan dalam rangka mensejahterakan para nelayan, dan kemajuan perikanan di Indonesia :)

      Delete
  13. semoga dapat berjalan lancar dan berdampak meningkatkan kesejahteraan para nelayan ya mas :)

    ReplyDelete
  14. Saya mau mengucapkan Selamat hari raya idul fitri bagi yang merayakannya. Bagi yang tidak, selamat berlibur saja. Mohon maaf lahir dan bathin.

    ReplyDelete
  15. saya kesini mau ngucapin
    dari hati yang paling dalam Mohon dibukakan pintu ma’af yang sebesar-besarnya atas komentar2ku yang sering sekenanya serta sikap yang tak terjaga, semoga lebaran ini jadi berkah bagi kita semua, dan besok menjadi fitri kaya bayi ajaib

    ReplyDelete
    Replies
    1. memangnya ada bayi ajaib Kang Cilembu heuheu

      Delete
  16. taqoballahuminna waminkum,,, taqobal yaakarim,,,
    minal aizdin walfa'izdin ,,,,
    mohon maaf lahir dan batin

    met lebaran maa

    ReplyDelete
  17. met lebaran mas
    minal aizdin walfaizdin
    mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  18. Maaf mas PP baru bisa mampir lagi...
    Selamat Hari Raya Idul Fitri yah mas PP
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin :)

    ReplyDelete
  19. semoga perikanan Indonesia semakin maju dengan bekerjasama dengan Thailand ya pak..
    minal aidin wal fa idzin, mohon maaf lahir batin.

    ReplyDelete
  20. slamat mlm pak. lama baru mampir kesini Adminnya makin keren ni heheheh. mohon ma'af lahir batin spak

    ReplyDelete
  21. selamat lebaran dan minal aidzin walfaidzin mas
    maafin saya dan keluarga y mas ...

    ReplyDelete
  22. RF mengucapkan selamat Idul Fitri *smile

    “Ƭαqobbαlαllαhu minnαα ωα minkum
    (Semogα Alloh menerimα αmαlku dαn αmαl kαliαn).”

    ReplyDelete
  23. selamat Hari Raya Idul Fitri Pak, Mohon maaf lahir dan bathin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Yanti, mohon maaf lahir dan batin juga :)

      Delete
  24. dg adanya kerjasama
    pasti lebih menghasilkan banyak ikan
    buat mas PP tulus kuucapkan
    Selamat hari lebaran

    Minal aidin walfaizin
    Mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. dg adanya kerjasama
      pasti lebih menghasilkan banyak ikan
      buat mas PP tulus kuucap kata
      Selamat Hari Lebaran

      Delete
  25. Selamat Hari Raya Aidilfitri Maaf Zahir Dan Batin.

    iskandarx[dot]com

    ReplyDelete
  26. Lebaran sudah selesai namun masih membekas semua rasa keharuan dalam hati ini,,,,hehe

    ReplyDelete
  27. yang pake kaca mata baju ijo...kaya bapak saya deh kang...;o)

    ReplyDelete
  28. mudah-mudahan bagus nih buat kedepannya ..
    titip dari hati : Saya dan keluarga mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1434 H ... minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir batin mas

    ReplyDelete
  29. Lama ga berkunjung disini karena keterbatasan koneksi, Mohon maaf lahir dan Bathin Bang

    ReplyDelete
  30. langsung saja pak PP, salim dulu sambil ngucapkan mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  31. memang harus ditingkatkan menjalin kerjasama agar lebih berkembang hehehe...



    admin "Variasi Blogger"

    ReplyDelete
  32. Mudah mudahan makin sukses ya Bang...






    Selamat Hari Raya Idul Fitri ,


    Mohon maaf lahir dan bathin..

    ReplyDelete
  33. wah ini baru kemajuan ya pak pi.. semoga kedepannya lebih baik lagi...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, mudah-mudahan makin baik kedepannya :)

      Delete
  34. Belum berjabat tangan sama mas PP nih

    minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir batin ya mas :)

    ReplyDelete
  35. Terus naik gan perikanan indonesia :D

    ReplyDelete
  36. Waaa.. salute euy,, Penyuluh Perikanan udah Go Internasional!

    Oya, berhubung baru sempat silaturahim... Sekalian mau mengucapkan "Taqobbalallahu minna wa minkum", Minal 'aidin wal faidzin.... mohon maaf apabila ada salah2 kata ya pak

    ReplyDelete
  37. si Bapak Admin tampakx lg sibuk ni.. *smile

    ReplyDelete
  38. masih suasana lebaran khan,
    sambil ucapin mohon maaf lahir batin sambil lirak lirik kanan kiri cari ketupat lebaran...salam :-)

    ReplyDelete
  39. Semoga perikanan Indonesia makin maju....

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga makin maju perikanan Indonesia dan tercipta lapangan pekerjaan yang baru sehingga Indonesia semakin sejahtera :)

      Delete
  40. MERDEKA MERDEKA SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA

    1945-2013

    SUCCES SELALU UNTUK INDONESIA TERCINTA

    ReplyDelete
  41. alhamdulillah, semoga dengan kerjasama ini, instansi perikanan negara kita semakin berkembang

    ReplyDelete
  42. yang penting para nelayan mendapat pekerjaan yang layak yah mas :)

    ReplyDelete
  43. mudah2an negara kita jadi semakin maju

    ReplyDelete
  44. pemberantasan praktek-praktek penangkapan ikan yang tidak sah harus lebih bergigi, jangan mandul. Kasihan nelayan kita.

    ReplyDelete
  45. datang berkunjung lagi Mas PP, mencari sesuatu yang baru, kayaknya belum ada yang baru nih mas PP masih sibuk mungkin, sukses selalu dan tetap semangat :)

    ReplyDelete
  46. semoga lebih banyak lagi kesepakatan kerjasama perikanan dengan negara luar agar perikanan Indonesia semakin berkembang dan tentunya demi kesejahteraan para nelayan di Indonesia :)

    ReplyDelete
  47. dulu waktu saman pak dhe harto...orang dari thailand yang datang belajar ke Indonesia....
    sekarang malah orang indonesia yang pergi ke thailand,
    heran saya, padahal perairan perikanan indonesia lebih luas..bahkan sangat luas di bandingkan thailand...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan heran mas nanti Indonesia jadi lebih pinter dari Thailand

      hehe

      Delete
    2. yah mudah-mudahan Indonesia lebih maju dari negara lain dalam hal perikanannya yah :)

      Delete
  48. Ikut menyemak dan baru berkesempatan berkunjung kembali . Salam lebaran dan moga semuanya baik-baik aja di sini.

    ReplyDelete
  49. semoga bisa bermanfaat bagi nelayan (benar2 nelayan bukan kaum tertentu) masih kurang mengerti mbacanya, berarti bebas memancing di prairan milik tetangga asal sudah terdaftar kapalnya? begitu kah? kalau kapalnya canggih apa gak rugi negara yg ikannya di pancing?

    maaf masih gak mudeng. lola..
    di tunggu follow backnya :)

    ReplyDelete
  50. info yg sangat bermanfaat sob :D
    moga ini akan sangat brmanfaat bagi indonesia di sektor perikanan :)

    ReplyDelete
  51. datang lagi nih mas PP mau ngecek orang-orang yang difoto di atas, apa masih lengkap kayak kemaren hehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan