Manfaat sumber informasi dalam BerWirausaha bidang Perikanan


Sebagai seorang Wira Usahaanda sudah tentu mengenal yang namanya kunci suksesdalam membangun Usahanya. Anda juga sudah memahami mengenai Kemampuan dan sifat dasar yang dimiliki oleh seorang Wira Usaha.

Demikian juga dalam membangun Usahanya, anda sudah mengambil langkah ATM sebagai methode yang dapat digunakan dalam mengembangkan dan memajukan Bidang Usahanya. Dalam kesempatan ini perlu dijelaskan, Bahkan untuk kemajuan Usaha tentu anda mengetahu akan sebuah pentingnya Informasi bagi WiraUsaha dalam menjalankan Usahanya.
Nah disini perlu saya tambah sedikit buat anda, Bahwa Sumber Informasi juga sangat diperlukan karena banyak manfaatnya bagi anda sebagai Wira Usaha yang menjalankannya.

Dalam Dunia Usaha khususnya bidang Perikanan, Informasi sangat dibutuhkan. Informasi itu sangat penting untuk bahan masukan bagi pengambilan suatu keputusan dalam menjalani aktifitasnya sebagai Wira usaha. Dan dalam Postingan kali ini kita akan mengetahui manfaatnya sumber Informasi dalam Berwira Usaha Bidang perikanan.
Pemanfaatan teknologi informasi, akan mengarahkan perusahaan pada cara kerja perusahaan, perluasan kompetisi, pemasaran, penjualan, distribusi, promosi, dan lain-lainnya. Adanya teknologi informasi akan menyebabkan orang-orang dengan cepat mengetahui berita dan dengan cepat pula dapat mengirim berita. Pemakaian teknologi  informasi  banyak menimbulkan perubahan pada berbagai segi kegiatan dalam perusahaan. Oleh karena itu, dalam rangka memajukan dan membesarkan usaha atau bisnis, peran teknologi informasi harus dioptimalkan penggunaannya. Orang-orang politik bilang “informasi adalah kekuasaan”. Sementara orang-orang bisnis  bilang “untuk mengetahui masa depan bisnis. Untuk itu kuasailah dan cari sebanyak-banyaknya informasi. ?
Pada postingan sebelum ini sudah dijelaskan bahwa Kunci suksesuntuk keberhasilan berwirausaha, khususnya dalam bidang perikanan ini terletak dalam memperoleh dan mengelola informasi dan bukan terletak pada banyaknya informasi.

Keberhasilan wirausaha yang berhubungan dengan informasi dalam bisnisnya, biasanya berkaitan dengan: Harapan masa depan bisnis, Sistem nilai para Wirausaha, Pengalaman Wirausaha dalam bisnis, Kekuatan dan kelemahan bisnis, Sikap dan perilaku konsumen, Daya beli konsumen, Motivasi konsumen, Realitas bisnis, Peluang bisnis, Hambatan dan rintangan bisnis, Pesaing, Pelayanan, Risiko kebutuhan konsumen, Perubahan selera konsumen, Kebijakan pemerintahan.

Keberhasilan wirausaha dalam mengelola informasi, bukan terletak pada banyaknya informasi yang ia miliki, melainkan pada relevansinya. Dengan adanya sumber-sumber informasi, maka para Wirausaha akan mengetahui bahwa informasi itu sangat penting untuk bahan masukan bagi pengambilan suatu keputusan dalam bisnis.

Zaman sekarang dikenal sebagai abad informasi, Dimana kemampuan untuk mendapatkan dan menggunakan sumber informasi merupakan aktiva yang terbesar. Orang-orang politik bilang: “Siapa yang memiliki informasi paling banyak, dialah yang paling berkuasa”. Sementara orang-orang bisnis mengatakan:”Untuk dapat mengelola bisnis dengan baik, pasarkan sesuatu untuk masa depan; untuk mengetahui masa depan, kuasailah sebanyak-banyaknya informasi” Dengan memanfaatkan sumber-sumber informasi, para Wirausaha akan melaksanakan perubahan atau perbaikan hal-hal berikut.
a.       Perluasan kompetisi bisnis.
b.      Pembuatan produk
c.       Pemasaran dan penjualan produk.
d.      Ketenagakerjaan.
e.      Cara mengelola bisnis.
f.        Memilih produk.

Dari penjelasan uraian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya sumber-sumber informasi, maka para Wirausaha akan dapat:
®        Memilih dan membuat produk dengan lebih cepat dan lebih murah.
®        Memilih dan membuat produk yang bermutu laku dijual, dan harga bersaing.
®        Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan.
®        Memilih dan membuat desain baru atau kombinasi.
®        Memilih dan membuat produk yang lebih baik dengan harga relatif murah.

Jadi sebagai seorang wira usaha maka Sebelum anda akan memutuskan membuat suatu produk perlu mempertimbangkan banyak faktor, salah satunya faktor pasar. Untuk mengetahui masa depan terhadap kemajuan usahanya, kuasailah sebanyak-banyaknya informasi, dengan memanfaatkan sumber-sumber informasi, yang tujuannya untuk kepentingan perusahaan itu sendiri.

Untuk mengetahui Informasi lainnya silakan kembali  anda baca:
1.       Pentingnya informasi dalam berwira usaha,
2.       Membangun wira usaha bidang perikanan,
3.       Gunakan methode atm dalam membangun usahadibidang perikanan

Sampai disini dulu Jumpa kita sekitar Wira Usaha, semoga bermanfaat
wassalam......

Sumber:
Dari Berbagai Sumber

Related Posts:

0 Response to "Manfaat sumber informasi dalam BerWirausaha bidang Perikanan"

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat