Mengurangi Kematian Ikan Pada Budidaya

Budidaya Ikan
Mengurangi Kematian Ikan Pada Budidaya - Budidaya Ikan saat ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat tani sebagai anggota Pokdakan baik melalui sistim pembenihan maupun pembesaran. Dalam usaha pembesaran Ikan terkadang mudah sekali mengalami kematian, sehingga bagi pelakunya merasa bingung atau bosan akibat terjadinya kematian secara terus menerus terutama pada Ikan yang dipelihara khususnya pada Usaha Pembesaran.

Sebenarnya Ikan itu juga memiliki kemampuan daya tahan tubuh yang cukup kuat dari gangguan hama maupun penyakit. Namun karena ukurannya yang masih kecil sehingga ikan ini masih sangat rentan dan mudah stress yang akhirnya mengakibatkan Kematian.
Ada beberapa Faktor yang dapat mengakibatkan kematian pada budidaya Ikan dan Mengurangi Kematian Ikan Pada Budidaya juga sekarang telah banyak berkembang. Oleh karena itu hal yang perlu diperhatikan bagi para pembudidaya Ikan adalah memiliki sikap terhadap pengetahuan dan ketrampilan yang cukup terutama dalam usaha tersebut. Disamping itu hal yang harus diperhatikan pada saat membeli bibit ikan hendaknya harus benar-benar  meyakini bahwa penjual bibit ikan itu benar-benar  dijamin dalam menjaga mutu dan kualitasnya.

Bagi petani atau Pokdakan yang membeli Ikan harus tahu sebelum ikan dipindahkan ke tempat pemeliharaan atau pembesaran, yaitu bahwa ikan yang akan dipindahkan sebaiknya di Berok dulu atau dengan kata lain dipuasakan, langkah seperti ini dilakukan untuk mereka yang lokasinya cukup jauh. Maksud dilakukan pemberokan ini adalah agar kotoran ikan tidak menyebar yang akibatnya bisa mengganggu kesehatan ikan nantinya. 

Demikian juga ketika Ikan sampai di tempat lokasi sebaiknya Ikan jangan langsung diberi makanan terlebih dahulu namun dipulihkan dan dinetralkan kondisi kesehatannya agar menjadi pulih dengan cara pemberian Oksigen melalui aliran air yang cukup dan sebaiknya didekatkan dengan air yang mengalir walaupun tidak terlalu deras, kalau tidak mengalir sebaiknya bisa menggunakan Airrator yang kecil untuk beberapa saat. untuk penggunaan Air rator saya rasa dimana saja ada tempat penjualan bahkan harganya murah sehingga mudah terjangkau. Usahakan dalam 1 hari ini tak usah dulu diberi makan Namun air tetap mengalir, sehingga pada saat kita memberi makan nantinya ikan akan terasa senang memakannya dan kesehatanpun bisa pulih secara pelan. Demikian juga pada saat pemberian makanan juga jangan terlalu banyak. Yang penting ikuti aturan dan petunjuk secara perlahan, karena pemberian makanan yang berlebihan juga bisa mengakibatkan penyakit pada lingkungan perairan disekitar kolam.

Ada beberapa Tips yang dapat digunakan bagi pembudidaya ikan dalam menghindari kematian  antara lain sebagai berikut:

1. Penanganan.
Penanganan yang kurang baik dan tidak tepat dalam melakukan anjuran juga bisa mengakibatkan kematian. Kesalahan teknis pada saat melakukan penebaran bibit juga sangat menentukan. waktu yang baik untuk menebar bibit ikan adalah sore atau pagi hari ketika matahari tidak terlalu panas. Demikian juga terhadap Kepadatan jumlah tebar yang terlalu tinggi, bibit yang asalan dan kurang bagus, juga lingkungan perairan pada kolam yang tidak mendukung akibat pencemaran semua bisa mengakibatkan kematian. Oleh karena itu proses penanganan dalam jumlah dan waktu perlu diperhitungkan.

2. Sorting
keterlambatan pemilihan atau sorting pada bibit ikan dapat mengakibatkan pertumbuhan yang rusak sehingga pertumbuhan pada ikan itu sendiri tidak merata, dengan kata lain ada yang besar ada juga yang kecil. Bahkan Pertumbuhan ikan tidak bisa seimbang, ikan yang lebih besar biasanya cenderung akan mendominasi makanan, sedangkan pada ikan yang lebih kecil takut dan yang besar merajai akibatnya yang besar cepat besar dan yang kecil tetap kecil dan lambat besar, bahkan jika tidak bertahan ia tetap stress dan akhirnya mati.

3. Penggunaan Probiotik
Penggunaan Probiotik dalam sistim budidaya ini juga sangat dianjurkan,  karena dengan menggunakan probiotik memiliki fungsi dalam menguraikan ammonia dan dapat membantu pencernakan makanan pada ikan. Dalam usaha perikanan pada pembesaran Ikan dengan kepadatan tinggi kotoran ikan akan menumpuk dan menjadi racun bagi pertumbuhan dan kesehatan ikan itu sendiri. Oleh karena itu dengan kita memberikan probiotik baik pada campuran pakan atau kolam sangat dianjurkan bagi pembudidaya ikan apalagi jika kita memelihara Ikan lele yang biasanya sangat padat jumlahnya itu akan lebih baik. Untuk Mencari probitik sekarang sudah banyak dijual dikios saprokan (saprodi perikanan) bahkan disemua tempat sudah banyak yang jual, terlebih bagi orang yang tinggal diperkotaan akan lebih mudah mendapatkannya.

4. Alat penangkap.
Penggunaan Alat tangkap yang terlalu kasar akan membuat luka pada ikan  yang mengakibatkan  luka dan Infeksi sehingga bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu apabila kita menggunakan alat tangkap seperti serok sebaiknya kita pilih yang ukurannya lembut dan halus agar tidak melukai pada Ikan yang kita tangkap.

5. Pemberokan.
Pemberokan ini perlu dilakukan oleh Produsen sebagai Penjual bibit ikan, Terlebih apalagi kita akan mengirim bibit ikan ke tempat yang cukup jauh. Artinya bibit ikan lele dipuasakan terlebih dahulu sebelum dilakukan pengiriman, Adapun tujuannya adalah agar kotoran dan sisa-sisa makanan pada tubuh ikan tersebut tidak mengganggu pada saat pengiriman, Karena akibat dari kotoran yang keluar dari tubuh ikan tersebut dapat berpengaruh terhadap gangguan kesehatan dan  mengakibatkan kematian.

6. Waktu Distribusi.
Waktu yang baik untuk melakukan pengangkutan atau penebaran adalah pagi atau sore hari. Karena pada siang hari kondisi cuaca terlalu panas yang dapat  mengakibatkan kondisi ikan lemah sehingga daya tahan tubuh pada ikan itu sendiri kurang bertahan dan stress akibatnya bisa mengakibatkan kematian.

7. Vaksinasi.
Pada umumnya para pembudidaya ikan ini belum banyak yang melakukanya karena istilah vaksinasi ini belum begitu populer. Vaksinasi ini dilakukan untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit pada Ikan. lebih baik mencegah daripada Mengobati. vaksinasi juga merupakan suatu cara untuk menghindari resiko kematian dalam sistim budidaya perikanan.


Itulah beberapa cara yang perlu diperhatikan terutama bagi anda yang ingin dan sedang melakukan usaha Budidaya Perikanan.
Demikian semoga bermanfaat, selamat Mencoba semoga kesuksesan akan selalu menyertai anda.


Related Posts:

55 Responses to "Mengurangi Kematian Ikan Pada Budidaya"

  1. mantep infonya, oh ya bang,saya mu nanya. bagaimana caranya supaya ikan-ikan yang ada di kolam hias nggak mati, soalnya ikan yang ada di situ selalu mati. solusinya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan itu bisa mati kira2 kenapa? cari dulu penyebab kematian ikan, pasti akan ditemukan solusinya.. :D

      Delete
    2. Setuju dengan Mitra bibit, penyebabnya kita harus tahu dulu, coba cek soal makanan, kemudian air ratornya jalan apa gak, dan bagaimana dengan fluktuasi kondisi air. kiemudian jika semua bagus dimana anda bisa mendapatkan bibit apakah ada jaminan??.
      lakukan identifikasi secara benar sobat
      trims atas kunjungannya

      Delete
  2. Begitu pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam memelihara ikan agar tidak mengalami kerugian. Share bagus bagi yang ingin berusaha dalam budi daya ikan. Terima kasih informasinya, Sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wa sudah lama nda mampir ke sini heihiehe. Ih jadi malu sama mas Penyuluh ini hehieiehie Piye kabare mas. Oh ya saya dulu memang pernah punya kolam ikan namun tidak lama kemudian kena banjir akhrinya ikannya kemana mana ieiehiehie. Terima kasih atas sharing ilmunya soal IKAN.

      Delete
  3. Olá Penyuluh! Como está, meu amigo? Há tempo que não o visito.
    Gostei do texto explicativo sobre o correto manuseio dos peixes. Apesar de não comê-los, eu os aprecio muito.
    Um abraço e tenha bons dias!

    ReplyDelete
  4. makasih bang infonya, sangat bermanfaat nih saya save dulu tipsnya

    ReplyDelete
  5. Pertamax gan, baru tau saya caranya banyak sekali ya! Ane dulu pernah lihat di tv, kolamnya di beri senyawa apa gitu tapi warna nya biru!

    komen balik ya, terimakasih atas info nya

    ReplyDelete
  6. salam boss,maaf baru sempet nongol lagi nih saya....hehe
    istilah pemberokan saya baru dengar,ternyata puasakan ikan ya...hehe

    ReplyDelete
  7. wah baru tau ternyata vaksinasi juga di butuhkan

    ReplyDelete
  8. aku baru tahu jika adalah istilah pemberokan. ternyata ikan sebelum dikirim harus dibikin lapar dulu ya ?

    ReplyDelete
  9. Pastinya sangat berguna sekali....ya mas
    untuk mereka yg kebetulan ingin mengetahui caranya seperti apa.. :)

    ReplyDelete
  10. waaaah bagus nih infonya buat dikasih tau ke papa ku hehe makasih infonya:)

    ReplyDelete
  11. selamat menyambut hari raya Idul Adha..mohon maaf lahir batin...salam :-)

    ReplyDelete
  12. artikel ini bermanfaat sekali buat yang sedang membudidayakan ikan :D

    ReplyDelete
  13. Aku memang berencana pengen menjadi peternak ikan, lagi kerja keras untuk mengumpulkan modal. terimakasih,

    ReplyDelete
  14. selamat hari raya mas :)
    mohon maaf lahir bathin :)

    ReplyDelete
  15. baru tahu kalo ikan jga perlu vaksinasi

    ReplyDelete
  16. Postingan yang cukup menarik dan bermanfaat mas, semoga aja dengan adanya postingan seperti di atas dapat membantu mempermudah bagi yg berniat dan ingin memulai budidaya ternak ikan :)

    ReplyDelete
  17. eemmm...walaupun KY bukan pengemar ketegeri ini, tapi bagus juga sebagai pengetahuan, menimba ilmu kan?

    rindu dengan teman2 dr seberang..apa khabar PP

    ReplyDelete
  18. wah lengkap sekali mas, ternyata beternak ikan yang baik itu tidak semudah yang ane bayangin mas, terimaksih mas ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas, diperlukan sikap, pengetahuan dan keterampilann juga rupanya :)

      Delete
  19. budidaya ikan itu resiko kematiannya lbh besar atau lebih kecil sob?

    ReplyDelete
  20. Wah panjang juga ya prosesnya...
    makasih sudah berbagi informasi

    ReplyDelete
  21. selamat malam Sob...di belakang rumah saya banyak Tambak/Empang tempat memelihara ikan, seandainya Artikel ini dibaca oleh pemilik Tambak/Empang pasti bisa mendapatkan banyak sekali pelaran dari Artikel yang sobat posting ini....

    ReplyDelete
  22. Mampir lagi mas PP..sambil menimba ilmu di sini :)

    ReplyDelete
  23. menjadi peternak ikan butuh keterampilan yang lebih karena ikan termasuk makhluk hidup yang sensetif dengan lingkungan sekitarnya,bahkan saya dengan kalau jenis airnya tidak cocok ikan pada mati semua ya,..?,.. salam kenal mas

    ReplyDelete
  24. Tetanggaku ikannya pada mati, karena airnya sirklusnya tidak mengalir atau berputar.

    ReplyDelete
  25. berkunjung lagi mas, sambil lebih mendalami pembahasan artikel mas,

    ReplyDelete
  26. wah untungnya saya pelihara ikan mujaer jadi kuat tidak mudah mati walaupun pakai air pdam

    ReplyDelete
  27. Wah lengkap banget tipsnya.
    Ternyata ikan jg perlu puasa dan gak boleh terlalu banyak diksh mkn.

    Thanks ya infonya

    ReplyDelete
  28. sip mas informasi yang berguna,, lengkap buat referensi pembaca,,
    dh lama ni gk k sini,, sukses terus ya mas,,

    ReplyDelete
  29. saya banyak mendapatkan ilmu tentang perikanan dari sini..terimakasih sobat..sudah berkenan berbagi ilmu...salam :-)

    ReplyDelete
  30. artikelnya tentang menghindari ikan banyak yang mati nya sangat datail dan lengkap banget,semua yang baca ini pasti mudah memahaminya, cuman ya itu tadi...seperti yang dibilang, soal "sikap" dan "keterampilan dan pengetahuan" peternak dan pengelola tambak yang kurang dan sulit untuk mau belajar, contohnya saya ini lah....;o)

    ReplyDelete
  31. Terima kasih. Ternyata segala sesuatu harus bertanya pada ahlinya. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  32. Budidaya perikanan yang dapat berpenghasilan bagus... dengan metode-metode perawatan. thanks gan...

    ReplyDelete
  33. Dilihat dari tambaknya begitu bersih dan indah
    Pasti ikan ikannya mati dg susah

    Hehe

    Aku pengen punya tambak jadinya

    ReplyDelete
  34. salam sahabatku
    Mantap infonya..kalau ikan yg berada di dalam sangkar kanvas bagaimana..ikan air tawar.

    ReplyDelete
  35. Memang meminimanilisir kematian dalam memelihara ikan sudah seharusnya dikuasai untuk meminimalisir kerugian dan meningkatkan penjualan. hehe

    ReplyDelete
  36. nice post pak, saya baca2 dulu, thanks

    ReplyDelete
  37. nice post
    nanti mampir lagi pak, thanks
    http://iklans-ukses.blogspot.com/

    ReplyDelete
  38. informasi yang bagus.
    bisa share cara budidaya ikan gabus sob.?, saya ada rencana buat ternak ikn gabus., tempat tingal saya prosfeknya bagus untuk bisnis yang satu ini.
    kunjungan rutin dari http://chameleon1987.blogspot.sg/ blog seputar harga gadget dan tip trik

    ReplyDelete
  39. Maksudnya fi puasakan gimana pak???
    Nggak di kasih makan gituu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama dengan kita, puasa berarti gak makan
      terima kasih semua atas kunjungannya

      Delete
  40. Maksudya di puasakan gimana pak??
    Nggak di kasih makan gituu???

    ReplyDelete
  41. Baru bikin kolam ikan langsung diisi,eh ikannya hanya bertahan satu hari semua mati,bagaimana cara mengatasi dan ikan apa yang tahan lama di kolam minimalis itu,makasih.

    ReplyDelete

Komentar anda sangat bermanfaat