Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembangunan Perikanan

Keyboard
Komunikasi secara asertif, efektif dan etis ialah menganalisis dan mengembangkan solusi atas masalah-masalah terkait dengan pembangunan perikanan.

Agar dapat menganalisis secara kritis keefektifan pengelolaan komunikasi dalam mengembangkan solusi atas masalah-masalah terkait dalam pembangunan perikanan agar mampu menganalisis penerapan dan pengembangan media dan teknik komunikasi secara tepat terkait dalam pembangunan perikanan. Saat ini banyak sekali usaha kecil menengah (UKM) bidang perikanan bermunculan di Indonesia. Hal ini sangat berdampak positif bagi perekonomian global di Indonesia maupun juga dalam rangka meningkatkan daya saing dalam bidang penyediaan produk atau jasa di segala bidang. Contoh UKM disini bisa berbagai macam, mulai dari usaha agroindustri dan membuka usaha penjualan komoditas perikanan misalnya penggunaan internet sebagai media teknologi informasi dalam menunjang UKM bidang perikanan bisa dijabarkan menjadi beberapa poin seperti berikut ini :


Komunikasi
Internet digunakan sebagai media komunikasi dengan berbagai pihak. Misalnya disini antara UKM bidang perikanan dengan supplier. Pemiliknya bisa menggunakan e-mail kepada supplier komoditas pertanian misalnya untuk melakukan order atau sebaliknya pihak supplier yang melakukan komunikasi dengan UKM perikanan. Komunikasi disini bisa bermacam-macam, salah satu yang sudah dibahas tadi misalnya penggunaan e-mail. saya melihat adanya perusahaan perikanan yang sudah menggunakan Yahoo! Messenger untuk melakukan negosiasi dengan calon pembeli.

Promosi
Ini maksudnya internet digunakan sebagai sarana promosi jasa atau produk yang ditawarkan oleh UKM bidang perikanan tersebut. Sebagai contoh misalnya UKM tersebut bisa mempromosikan produknya melalui website atau juga melalui mailing list. media mailing list merupakan yang paling efektif untuk menawarkan jasa atau produk.
mailing list adalah suatu forum diskusi berbasis e-mail mengenai suatu topik tertentu. Orang-orang atau pihak-pihak yang tergabung dalam suatu mailing list tertentu biasanya mempunyai satu kesamaan tujuan dan juga kesamaan minat tertentu.

Namun kendalanya ialah masih banyak pelaku utama/pelaku usaha di indonesia yang tidak mengerti tentang perkembangan zaman terutama penggunaan IT. belum lagi jangkauan akses teknologi yang dapat di jangkau hanya bagian tertentu saja. hal inilah yang menjadi kendala dan menurut saya mengakibatkan kurang efisiensinya dan lambatnya pembangunan di indonesia.
 
Padahal dengan penggunaan IT ini menurut saya dapat menjadi indikator pemecahan panjangnya rantai pemasaran yang ada di indonesia yang hingga sampai saat ini belum ditemukannya jalan yang pas untuk keluar dari masalah tersebut.

Pertumbuhan aksesibilitas teknologi informasi menghasilkan alat baru yang diperlukan bagi petani guna terciptanya kolaborasi. Hal ini membantu petani untuk berpartisipasi dalam inovasi dan pencarian akan kemakmuran individu. setiap individu-individu terus meraih kemakmuran melalui kerja yang menghasilan inovasi-inovasi tiada henti.

Pelaku utama/pelaku usaha pun berhak untuk menggapai apa yang ia inginkan bila ia memiliki akses internet. ICT membuat kita merasa tidak ada yang tidak dapat kita ketahui tatkala orang lain tahu.

Ada yang melihat kemunculan ICT merupakan ancaman bagi keberadaan perusahaaan-perusahaan besar yang memiliki modal yang besar. Tentu saja ini merupakan ancaman karena dengan adanya network perikanan, tidak ada lagi yang mampu dimonopoli. dengan adanya IT mampu menciptakan komunitas-komunitas yang kreatif dalam melakukan inovasi-inovasi.

Comments

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan