Wednesday, March 29, 2017

Kerajinan Tangan Cangkang Kerang, Peluang Bisnis Internasional



Kerajinan Cangkang Kerang
Salah satu komoditas laut yang mempunyai potensi bisnis tinggi adalah kerang. Selain kerang diambil dagingnya untuk dikonsumsi sehari-hari, kulit atau cangkang kerang ternyata juga dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai bahan baku pembuatan aneka kerajinan tangan unik.

Meskipun banyak masyarakat yang menganggap bahwa cangkang kerang adalah limbah, namun bagi beberapa pengrajin menganggap cangkang kerang mempunyai potensi besar dan peluang bisnis menjanjikan. Dengan bekal kreativitas, para pengrajin menyulap kulit kerang atau cangkang kerang menjadi berbagai macam kerajinan tangan unik yang bernilai ekonomis seperti tempat tisu, bingkai foto, bros, dan lain sebagainya.


Jenis kerajinan tangan unik dari cangkang kerang laut, sekarang ini banyak kita jumpai di pasaran, seperti yang sangat menarik berupa bros cangkang kerang. Umumnya, bros cangkang kerang laut ini dipergunakan untuk mempercantik busana penunjang penampilan, khususnya bagi kaum wanita.

Bisnis Kerajinan Tangan Bros Cangkang Kerang LautBros dari cangkang kerang yang cantik dan unik dapat membuat penampilan Anda menjadi terlihat berbeda hanya dengan menyematkan sebutir bros saja di baju/jilbab. Oleh sebab itulah, bros cangkang kerang memiliki peluang bisnis sampingan yang bisa dipertimbangkan dengan memanfaatkan limbah kulit kerang atau cangkang kerang yang sudah tidak terpakai lagi menjadi kerajinan tangan unik yang layak jual bahkan dengan harga tinggi.

Pada umumnya, bros cangkang kerang merupakan salah satu jenis kerajinan tangan unik yang memiliki warna dan beraneka ragam bentuk serta banyak dijumpai di daerah sekitar pantai. Untuk pulau Bali sendiri, para pengrajin cangkang kerang banyak terdapat di kota Denpasar serta Ubud. Hasil kerajinan tangan tersebut kemudian mereka pasarkan di dalam negeri sendiri seperti pulau Bali dan seluruh wilayah Indonesia. Namun, ada juga beberapa kerajinan yang mereka jual keluar negeri.
 
Proses Pembuatan Kerajinan Cangkang Kerang Laut

Bisnis Kerajinan Tangan Bros Cangkang Kerang LautProses pembuatan bros cangkang kerang ini tidak terlalu rumit. Bahan bakunya pun mudah didapat sehingga tidak ada kendala dalam hal bahan baku. Hanya saja pengrajin membutuhkan ketrampilan khusus dan sentuhan seni sehingga limbah cangkang kerang berhasil disulap menjadi kerajinan tangan unik nan cantik. Berikut ini adalah langkah-langkah  pembuatan bros dari cangkang kerang laut:
 

Langkah pertama adalah mengumpulkan bahan baku berupa cangkang kerang laut yang mereka peroleh dari para nelayan tradisional atau pengusaha tambak kerang hias, dan juga pengumpul kerang laut. Pilihlah kerang laut dengan bentuk dan warna yang unik agar kerajinan tangan dari cangkang kerang yang dihasilkan juga lebih bagus. Harga jual untuk kerajinan tangan unik dari kerang bentuk, ukuran dan warna.

 Langkah kedua adalah proses pengolahan bahan baku oleh para perajin profesional. Seperti membersihkan kerang dari tempelan lumpur, pasir dan tanah. Selanjutnya dikeringkan dengan dimasukkan ke dalam oven (sebelumnya cangkang kerang diberi campuran bahan-bahan kimia tertentu yang berfungsi untuk mempermudah proses pembentukan sesuai dengan pola). Proses tersebut berfungsi agar kulit atau cangkang kerang berubah menjadi lunak namun tetap tidak patah.

Langkah ketiga atau terakhir barulah cangkang kerang diolah menjadi berbagai kerajinan tangan unik seperti bros cantik dari kerang laut. Produk kerajinan tangan unik dari bahan cangkang kerang ini memiliki 3 jenis produk unggulan seperti kerajinan kulit kerang murni, kerajinan kombinasi kerang dengan teknik patry, serta kerajinan kulit kerang dengan kombinasi fiber, produk kayu furniture dan bahan-bahan perhiasan seperti emas, perak atau permata.

Semoga Ke depan makin banyak para pebisnis pebisnis yang melirik peluang bisnis di kerajinan cangkang Kerang

Kerajinan Tangan Cangkang Kerang, Peluang Bisnis Internasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat