Menuju Kejayaan Mutiara Laut Selatan Indonesia

Sebagai negara penghasil South Sea Pearl kualitas terbaik dan terbesar dunia, Indonesia memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan mutiara dunia. Saat ini menurut data ekspor kerang dunia 53% kebutuhan mutiara dunia berasal dari hasil laut Indonesia, berarti lebih dari separuhnya mutiara laut selatan  berasal dari Indonesia, baik mutiara yang dihasilkan secara alam maupun melalui budidaya. disaat mutiara telah sampai ke pasaran dunia sangat sulit sekali untuk melacak keberadaan mutiara ini, apalagi belum adanya tehnologi yang mendukung pada saat itu


Kualitas mutiara laut selatan asal Indonesia sudah lama populer di pasar Internasional. Namun sangat disayangkan, popularitas dan keunikan yang dimiliki mutiara laut selatan Indonesia tersebut sering dibajak dan diklaim oleh negara-negara lain yang juga memiliki potensi yang sama, khususnya dalam sumber daya alam South Sea Pearl, Mutiara terbaik dunia dengan warnanya yang putih berkilau sampai dengan kuning keemasan serta memiliki sifat kilauan yang awet dan abadi sepanjang masa, sehingga menarik perhatian semua kalangan pecinta mutiara dunia, dan mutiara laut selatan Indonesia ini, telah lama menggema di dunia Internasional.


Biasanya Mutiara ini diperdagangkan dalam bentuk Loose dan Jewellery.Perhiasaan mutiara yang menjadi primadona para wanita sejagat raya ini, dapat dipakai berbagai kalangan usia baik tua maupun muda, bentuknya yang simpel namun kesan mewah dan elegan selalu terpancar dari kilauan mutiaranya, sehingga sangat disukai para pecinta perhiasan mutiara dunia khususnya kaum hawa.

Untuk saat ini, baru 12 daerah Indonesia yang menjadi daerah penghasil South Sea Pearl meliputi wilayah; Lampung Sumatera, Bali, Mentawai,  Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat, dan NTB merupakan daerah penghasil South Sea Pearl terbesar di Indonesia.

Mutiara yang dihasilkan dari laut asli Indonesia adalah mutiara kualitas terbaik dunia. Mutiara laut selatan atau yang lebih dikenal dengan South Sea Pearl yang merupakan mutiara dari genus kerang/tiram pinctada maxima salah satu jenis mutiara dengan kualitas terbaik dan termahal  dunia, warnanya yang putih berkilau sampai dengan kuning keemasan serta  awet dan berkilau abadi sepanjang masa, dengan keunikan dan ciri khasnya itulah sehingga sangat digemari dunia internasional. Kualitas dan harganya pun jauh lebih baik dari kualitas mutiara yang banyak beredar saat ini, salah satunya  adalah mutiara yang dihasilkan negara lain seperti Chinese Fresh Water Pearl atau mutiara air tawar .

 Menurut Joseph Taylor Seorang ahli biota laut dari Australia dan salah seorang pembisnis mutiara di beberapa kota besar di Indonesia, Joseph  mengatakan “Indonesia merupakan pusat mutiara laut selatan (South Sea Pearl) terbesar di dunia, "Sayangnya, di dalam negeri khususnya orang Indonesia sendiri  banyak yang tidak tahu kualitas mutiara laut selatan itu sangat bagus. Kualitasnya diatas kualitas mutiara yang dihasilkan negara lain, mutiara laut selatan yang berasal dari Kerang/tiram genus (Pinctada Maxima)  mampu menghasilkan sebuah mutiara terbesar dengan kualitas terbaik didunia,  ukurannya dari 8 mm sampai dengan 22 mm serta memiliki keunikan tersendiri, bila dibandingkan dengan mutiara yang ada didunia saat ini, keunikan yang tidak dimiliki mutiara lain, dari warnanya yang putih berkilau hingga berwarna keemasan serta kilaunya yang abadi sepanjang masa, sehingga tidak mengherankan jika mutiara ini sangat digemari Dunia Internasional.

Joseph Taylor, sebagai seorang pembisnis mutiara di Indonesia itu juga mengatakan "kebanyakan mutiara yang diperdagangkan di dalam negeri (Indonesia) merupakan mutiara jenis Chinese Fresh Water Pearl atau mutiara air tawar yang ilegal, yang mana kualitasnya sangat jauh dibawah kualitas South Sea Pearl". Joseph Taylor menggambarkan, dalam setiap satu kerang mutiara air tawar (Chinese Fresh Water Pearl), induk kerangnya bisa menghasilkan 40 butir mutiara dalam waktu yang relatif singkat dan dihargai cuma sekitar US$ 1-15 per gram/ mutiara untuk setiap ekspor, sedangkan mutiara laut selatan (South Sea Pearl) dari genus kerang/tiram Pinctada maxima asli laut Indonesia, hanya sanggup menghasilkan 1 butir mutiara saja dalam setiap satu indukan kerang dan harganya bisa tembus mulai dari harga 25US$- sampai dengan100 US$/gram mutiara untuk setiap ekspor, suatu perbandingan yang sangat jauh sekali.

Perbedaan harga yang jauh inilah yang menjadi salah satu penyebab konsumen Indonesia lebih sering membeli dan mengimpor mutiara imitasi dan palsu dari luar dibandingkan membeli mutiara laut selatan, apalagi belum mengetahui serta tidak adanya informasi yang lebih detail mengenai keunggulan dan kualitas mutiara laut selatan . "Dari 100 persen produksi mutiara laut selatan, 90 persen pasti kami ekspor keluar, sisanya untuk kami perdagangkan di dalam negeri,"kata Joseph Taylor dalam pembicaraanya di CNN Indonesia baru-baru ini.

Joseph Taylor  juga mengatakan masih banyak kendala yang dihadapi para eksportir mutiara saat ini, salah satunya yaitu; tidak adanya sertifikasi mutiara dari pemerintah. Akibanya, sering terjadi klaim sepihak kerang/tiram mutiara asal Indonesia oleh negara lain ketika sudah sampai ke tingkat Internasional. Joseph Taylor juga mengatakan “Saya pernah lihat ada mutiara hasil budidaya kami di Indonesia dijual di toko Australia, South Sea Pearlnya dibilang produk dari Australia, sering sekali itu terjadi.


 South Sea Pearl juga dihasilkan  beberapa negara tetangga, seperti Australia, Filipina dan Myanmar yang memiliki mutiara laut selatan (South Sea Pearl) seperti Indonesia dari genus kerang/tiram Pinctada Maxima, akan tetapi indukan kerang/tiram Pinctada Maxima yang mereka miliki hanya bisa hidup pada perairan daerah tertentu saja dan tidak dapat hidup pada daerah perairan lainnya. Sedangkan kerang /tiram Pinctada Maxima penghasil mutiara terbaik dunia milik Indonesia, dapat hidup atau dibudidayakan diseluruh perairan laut Indonesia. Dapat kita bayangkan bersama, Indonesia yang merupakan negara maritim dengan perairan yang begitu luasnya, bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika suatu saat nanti Indonesia menjadi negara penyuplai  seluruh kebutuhan  mutiara South Sea Pearl dunia dengan kualitas nomor satu 
.
Saat ini Pusat trading mutiara laut termasuk South Sea Pearl masih tetap di Jepang dan hampir 80 persen daripada semua mutiara laut (South Sea Pearl, Akoya dan Black Pearl) akan masuk ke Jepang terlebih dahulu sebelum didistribusikan ke negara lainnya. Namun  ketika  adanya sertifikasi dan hak paten terhadap  mutiara laut selatan Indonesia, mutiara laut selatan kita lebih terjaga dan memudahkan dalam hal pelacakan keberdaannya, dan ini  akan berdampak positif terhadap daerah penghasil dari South Sea Pearl itu sendiri khususnya Indonesian south sea Pearl. apalagi popularitas dan kualitas dari Mutiara Laut Selatan Indonesia  telah lama diakui dunia Internasional sebagai mutiara terbesar dan terbaik dunia.
Dengan demikian para pembeli dan pemburu mutiara dunia pun bisa berbondong-bondong datang langsung ke pusat Mutiara Laut Selatan dunia yaitu Indonesia, dalam rangka kunjungan wisata atau sengaja berburu mutiara laut selatan Indonesia tanpa harus melalui trader saat ini, dengan harga yang kompetitif berdasarkan harga pasaran dunia dan tentunya  dengan kualitas mutiara laut selatan terbaik dunia.

Nah, semoga dengan adanya tulisan  ini, dapat menambah informasi buat kita semua mengenai keunggulan dan kualitas dari mutiara laut selatan Indonesia (Indonesian South Sea Pearl) dimana popularitas dan kualitasnya diatas kualitas mutiara dunia seperti salah satunya mutiara air tawar (Chinese Fresh Water Pearl) yang banyak beredar di Indonesia saat ini, "dunia Internasional saja sangat mengemari mutiara laut selatan Indonesia ini", kenapa kita tidak? ayo sudah saatnya kita untuk beralih dan memilih produk asli hasil kekayaan laut Indonesia, mutiara laut selatan Indonesia atau“Indonesian South Sea Pearl (ISSP) ”. jangan sampai mutiara laut selatan kita ini diakui pihak lain, dengan berbagai cara,seperti dipasang brand ternama milik mereka kemudian dilepaskan kepasaran internasional dan kita lagi yang membelinya. Kalau punya kita bagus dengan kualitas yang telah lama diakui dunia, kenapa kita mesti pilih yang lain. memakai produk asli kita, berarti kita telah turut serta mensejahterakan bangsa Indonesia, Selamat berburu perhiasan mutiara Terbaik Dunia " Mutiara laut selatan Indonesia is the best.

Comments

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan