Teknologi Lokasi Desain Konstruksi Tambak


Penyuluh Perikanan,   Kegiatan budidaya udang merupakan jenis usaha perikanan yang hampir semua proses produksinya dapat ditargetkan sesuai dengan keinginan, sejauh manusia dapat memenuhi persyaratan pokok dan pendukung kehidupan serta pertumbuhan udang yang optimal. Usaha ini pernah menunjukkan hasil yang memuaskan hingga Indonesia menjadi produsen udang papan atas di dunia yaitu pada tahun 1994 mampu mencapai angka produksi > 300.000 ton/tahun (produksi dari tambak intensif sekitar 60 %, tambak sederhana mencapai 20% dan tambak semi-intensif sekitar 10%). Sedangkan mulai tahun 1997 hingga sekarang produksi udang Indonesia mengalami penurun yang tidak sedikit, yaitu kira-kira produksi per tahun berkisar antara 160.000-200.000 ton( Anonim, 2003).


Dengan berjalannya waktu, proses produksi udang di tambak mengakibatkan terabaikannya kontrol atas prinsip mikrobiologis dan proses eutrofikasi.
(penyuburan) lingkungan sehingga tambak tambak di Indonesia mulai berkurang produktivitasnya dengan indikator ukuran udang yang semakin mengecil dan tingkat kelangsungan hidup (SR---survival rate) yang rendah atau kebutuhan pakan yang lebih banyak. Kondisi yang tidak disadari ini lebih diperparah oleh meledaknya tingkat infeksi penyakit virus bercak putih/panuan/White spots Virus (WSSV) atau Systemic Ectodhermal Mesodhermal Bacculo Virus (SEMBV) pada benih, udang di tambak dan jenis-jenis krustasea liar di sekitar tambak yang selalu menyebabkan kematian massal pada udang yang dipelihara.

Jika menurut anda lembaran informasi atau Panduan ini dirasa sangat penting silahkan anda pelajari dan dapat di download dibawah ini, semoga dengan buku ini akan menambah pengetahuan dan wawasan sahabat semua.
 PENYULUH PERIKANAN

Comments

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA