Monday, April 10, 2017

BAGIAN PADA JARING MILENIUM


Pembuatan Jaring Millenium
Sahabat Penyuluh Perikanan yang saya hormati, selamat datang salam jumpa.

Dalam postingan ini Penyuluh perikanan  akan membahas tentang bagiam-bagian pada jaring milenium. Pada postingan sebelumnya  Penyuluh perikanan telah memperkenalkan tentang jaring Milenium, dan postingan ini merupakan kelanjutan pada postingan sebelunya. Bagian-bagian dari jaring milenium umumnya terdiri dari : pelampung, tali  pelampung, tali ris atas, badan jaring dan pemberat.




Pelampung (float)

Pelampung yang dipakai pada jaring milenium terbuat dari plastik yang berbentuk seperti tabung. Jumlah, berat jenis dan volume pelampung yang dipakai dalam satu piece akan menentukan besar kecilnya daya apung (buoyancy). Besar kecilnya daya apung yang terpasang pada satu piece akan sangat berpengaruh terhadap baik buruknya hasil tangkapan. Pelampung yang diikatkan pada badan jaring terdiri dari 2 jenis, yang pertama yaitu pelampung tanda terbuat dari PVC diameter 15 cm dan pelampung yang kedua adalah pelampung yang terbuat dari PVC diameter 10 cm dengan jarak pelampung 2meter.


Tali Pelampung (float line)
Tali pelampung adalah tali yang dipakai untuk memasang pelampung.
Bahan dari tali pelampung terbuat dari polyetilen (PE). Panjang tali pelampung 4 meter.

Tali ris atas
Tal ris atas pada jaring milenium fungsinya adalah untuk dipakai memasang atau menggantungkan badan jaring dan tali pelampung. Bahan yang dipakai untuk tali ris atas terbuat dari bahan polypropylene. Tali ris atas terdiri dari dua buah tali dengan pintalan yang berbeda yaitu pintalan S dan Z, hal ini dimaksudkan agar pada waktu penyusunan jaring tidak melintir. Bagian  tali ris atas dari mulai ujung badan jaring, biasanya dilebihkan antara 30 – 50 cm yang tujuannya untuk digunakan menyambungkan piece satu dengan piece yang lain.

Badan jaring
Badan jaring atau jaring utama pada jenis jaring milenium terdiri dari satu  lembar jaring dimana semua ukuran mata jaringnya sama. Ukuran mata jaring (mesh size) yang digunakan adalah 4 inchi dengan simpul 2 dan warna jaringnya putih. Bahan yang dipakai untuk badan jaring adalah nylon  multifilament twine. Jaring melayang biasanya satu piecenya rata-rata sampai 200 meter dengan 210 mata. Sedangkan yang jaring dasar dengan panjang 200 meter, dengan 105 mata.


Pemberat
Pemberat yang dipakai pada jaring milenium adalah terbuat dari  batu/batu semen dengan jarak antar pemberat 10 meter. Berat dari pemberat berkisar 2 kg.



JARING MILENIUM
·         Jaring insang hanyut Kapal
·         Target : tongkol, tenggiri, cucut LOA x B x D (m) : 18.00 x 4.50 x 2.00
·         Daya : 150 Hp
·         PVC Ø 150
·         PE Ø 10 2.00 4.00
·         200.00 PP Ø 10 (x2)
·         1969
·         210
·         Nylon 210 d / 12
·         # 100 mm
·         PE Ø 10 10.00 200 200.00 PP Ø 10 (x2)



Gambar  Desain Jaring Milenium


Kesimpulan
  1. Bagian-bagian dari jaring milenium umumnya terdiri dari : pelampung, tali pelampung, tali ris atas, badan jaring dan pemberat.
  2. Tali ris atas terdiri dari dua buah tali dengan pintalan yang berbeda yaitu pintalan S dan Z, hal ini dimaksudkan agar pada waktu penyusunan jaring tidak melintir.
  3. Bagian tali ris atas dari mulai ujung badan jaring, biasanya dilebihkan antara 30 – 50 cm yang tujuannya untuk digunakan menyambungkan piece satu dengan piece yang lain.
  4. Bahan yang dipakai untuk badan jaring adalah nylon multifilament twine.


BAGIAN PADA JARING MILENIUM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: RUSTADI MM

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat