Industri Udang Serap 400 Ribu Tenaga Kerja

JAKARTA-Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan optimalisasi industrialisasi udang melalui meningkatkan luas areal tambak udang lebih dari 20 hektare dengan target produksi lebih dari 20 ribu ton hingga tahun 2014. Revitalisasi tambak udang Pantura Jawa ini diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja lebih dari 60 ribu orang.

Penyerapan tenaga kerja akan semakin meningkat, jika setiap hektare tambak udang dapat menyerap lebih dari 3 orang tenaga kerja. Tenaga kerja dapat terserap dari program industrialisasi udang lebih dari 400 ribu orang, atau setara dengan penyerapan tenaga kerja untuk setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo disela acara panen udang di lokasi tambak percontohan demfarm, di desa Sukajaya,
kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, (12/04).



Sharif menegaskan, kebijakan industrialisasi perikanan yang menjadi fokus perhatian KKP, merupakan sebuah kebijakan strategis dalam menggerakkan seluruh potensi perikanan. Kebijakan ini melalui pengembangan perikanan budidaya, perikanan tangkap dan pengolahan hasil produk perikanan.

Kebijakan tersebut, sambungnya, dilakukan melalui pengembangan komoditi unggulan untuk meningkatkan nilai tambah produk secara menyeluruh, mulai dari hulu sampai hilir, sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Sebagai langkah awal, pada tahun 2012 ini KKP telah menetapkan 4 komoditas industrialisasi, yaitu udang, bandeng, patin dan rumput laut, yang merupakan komoditi perikanan dengan potensi pengembangan yang cukup besar," jelasnya.

Udang, tandas Sharif, merupakan salah satu komoditas utama dalam industrialisasi perikanan budidaya. Komoditi ini karena memiliki nilai ekonomis tinggi dan permintaan pasar yang juga tinggi. 

Untuk pengembangan industrialisasi udang, KKP telah melakukan revitalisasi tambak melalui perbaikan infrastruktur berupa saluran primer, sekunder dan juga saluran tertier. Program ini untuk memberi jaminan pasokan air ke petakan tambak, sehingga diharapkan dapat mengoptimalkan kawasan pertambakan. 

"Program ini terutama dilakukan di Pantura Jawa dan secara bertahap akan terus berlanjut pada kawasan pertambakan di daerah lainnya," kata dia.

Prgram Demfarm
Sharif mengatakan, untuk program demfarm, KKP melalui Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, tahun 2012 telah melaksanakan kegiatan demfarm seluas 1.000 Ha tambak udang dan 500 Ha tambak bandeng di 6 kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat dan provinsi Banten.

Kegiatan demfarm budidaya udang ini dimaksudkan untuk dapat menjadi contoh implementasi teknologi dan manajemen budidaya udang terkini yang dapat mengoptimalkan lahan idle, meminimalisasi kegagalan dan meningkatkan produktivitas.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto menambahkan, program tambak udang demfarm wilayah Pantura, sampai dengan minggu ke-1 bulan April 2013 total panen sebanyak 308,02 Ton. 

"Saya berharap kepada masyarakat pembudidaya udang agar pada kegiatan panen ini merupakan titik awal untuk memotivasi kita dalam membangkitkan kembali kejayaan budidaya udang di wilayah Pantura Jawa khususnya Banten dan Jawa Barat," 

Sumber: KORANJAKARTA.COM Tanggal 13 April 2013 Hal.1

Comments

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan