KKP Luncurkan SK3 Profesional Konservasi Perairan



Dalam rangka pembangunan berkelanjutan, Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono mendeklarasikan kawasan konservasi perairan Indonesia yang dikelola secara efektif seluas 20 juta hektar pada tahun 2020. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meresponnya dengan menargetkan 2.400 tenaga kerja profesional yang mengelola 76 kawasan konservasi perairan di Indonesia pada tahun 2014. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional tersebut, KKP menerbitkan competency standards atau Standar Kompetensi Kerja Khusus (SK3) Perencanaan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan yang partisipatif.

Dokumen SK3 tentang Perencanaan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan diluncurkan di Jakarta, Rabu (3/6), dengan ditandai acara penyerahan dokumen oleh Menteri Kelautan dan Perikanan kepada Para Duta Besar, Perwakilan Pemerintah Daerah, dan Pelaku Konservasi Kawasan Perairan. SK3 merupakan instrumen untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi kalangan profesional di dunia kelautan dan perikanan. Setiap tenaga kerja profesional akan menjadi daya tarik bagi sekitar 10 profesional lain, seperti pengelola bisnis pariwisata, marikultur, seniman, industri kreatif, pendidikan masyarakat, sea safety officer, marine contractor, jasa transportasi, recreational fishing, taxonomist, maritime social scientist, dan sebagainya.

Meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Kelautan dan Perikanan sangat penting dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui industrialisasi berbasis Ekonomi Biru (Blue Economy). Dari acara ini diharapkan akan muncul sejumlah aksi nyata untuk membangun sinergi antara KKP dengan pelaku dunia usaha atau industri dan para stakeholderslainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Saat ini untuk pertama kali, dicanangkan penguatan SDM kelautan dan perikanan yang dilengkapi dengan kebijakan dan infrastruktur yang lebih jelas. Hal ini ditandai dengan adanya Standar Kompetensi Kerja (SKK), Rencana Strategi Pengembangan SDM, Komite SKK, Peta Kompetensi, Lembaga Sertifikasi Profesi, Kelompok Kerja Pengembangan Kapasitas SDM Kelautan dan Perikanan, Modul Pelatihan, Jejaring Tenaga Pelatihan, Kampus School for Marine Conservation at Wakatobi, Program Studi Pascasarjana dan Sarana dan Prasarana Pelatihan yang memberi peran kepada masyarakat untuk berbagi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Perangkat kebijakan dan infrastruktur pengembangan SDM tersebut dirancang untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan profesional yang akan dikerjakan oleh orang-orang yang kompeten dan bertanggungjawab dengan wawasan keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan.

SK3 yang diluncurkan merupakan Standar Kompetensi Kerja Khusus Perencanaan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan dengan indikator utama  terdiri dari kemampuan yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang harus dimiliki setiap Profesional yang bertanggungjawab dan/atau mereka yang terlibat memfasilitasi proses penyusunan rencana pengelolaan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan SK3 tersebut, tujuan pendirian kawasan konservasi perairan untuk mensejahterakan masyarakat dapat terwujud melalui penciptaan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang bertanggungjawab dan kompeten dalam pengelolaan kawasan konservasi perairan. Peluncuran SK3 ini akan ditindaklanjuti dengan mengembangkan sejumlah instrumen kepegawaian, seperti persyaratan pegawai, rincian tugas-tugas jabatan fungsional, pelatihan pegawai, dan sertifikasi kompetensi. 
Sejumlah kebijakan baru dan infrastruktur di atas merupakan buah dari interaksi positif KKP, khususnya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) dan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (Ditjen KP3K), bersama sejumlah mitra Pemerintah yang terdiri dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan pihak-pihak yang peduli dengan pengembangan SDM.  Interaksi yang produktif ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, antara lain Pemerintah Amerika Serikat melalui program USAID-Marine Protected Area Governance dan National Oceanic and Atmospheric Administration

Pada kesempatan yang sama, BPSDM-KP juga meluncurkan website International Partnership. Website ini menyajikan informasi kerjasama yang dibina BPSDM-KP dengan berbagai pihak di negara-negara sahabat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta Lembaga Keuangan Dunia. Pengembangan website ini merupakan kerjasama BPSDM-KP dengan Coral Triangle Center. Acara peluncuran tersebut dilanjutkan dengan Workshop Kerjasama Pelatihan yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait yang memiliki peran dalam memajukan SDM yang akan mengelola sumber daya kelautan dan perikanan.

Dari kegiatan Workshop ini, diharapkan akan mendukung terciptanya peluang lapangan kerja baru yang lebih besar di sektor kelautan dan perikanan bekerjasama dengan perusahaan dan BUMN melalui Corporate Social Responsibility(CSR) ataupun Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) di masing-masing lembaga tersebut.

Comments

  1. mudah-mudahansemua rencana di atas bisa terlakasana ya bang, makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, saya pun turut mendoakan. Kita ini kurangn apanya, mulai sumber daya alam dan sumber daya manusia melimpah ruah.... hanya belum terfokuskan untuk berbenah saja, masih sibuk sendiri saja. Semoga kedepannya akan menjadikan sektor ini lebih maju lagi :)

      Delete
    2. Hijau merimbuni daratanya,biru lautan disekelilingnya,itulah Negeri Indonesia,negeri yang subur serta kaya raya,namun hatiku slalu bertanya-tanya,kenapa kehidupan tidak merata,,,??

      Delete
  2. Bom dia
    Um dos métodos mais importantes para a conservação das águas é não a poluir.
    O esforço do estado a limpar é desperdício. São os pais e os professores nas escolas a ensinar as novas gerações a não sujar a água. Muitos lançam para a água químicos que a destroem e lixos recicláveis.
    Todos necessitamos de respeitar a água como um bem essencial e que é de todos.

    ReplyDelete
  3. bagus dong kalo gini jadi lebih banyak menciptakan lapangan pekerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga nih mas ngelamar siapa tau nanti diterima yah hehe...

      Delete
    2. nggak ada tempat lagi kang kalau lapangan bola mah udah penuh kayaknya...

      Delete
    3. lapangan kerambol aja dech mas Budi hahaha

      Delete
    4. jadi yang nganggur jadi pemain sepak bola ya

      Delete
    5. daripada nganggur mendingan main kerambol

      Delete
  4. mudah2an tujuannya yang mulia bisa terwujud dengan baik..semoga barokah..salam :-)

    ReplyDelete
  5. wah bagus nih gan program kerjanya :) semoga lancar ya..
    ditunggu kunjungan baliknya ya :p

    ReplyDelete
  6. keren mas program nya sangat prospektif banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren deh pokoknya yah mas...

      Delete
    2. Semoga tujuannya bisa terealisasi juga nantinya :)

      Delete
    3. Semua orang pasti harapanya seperti itu yah bro

      Delete
  7. wah bagus banget program-nya, semoga SDM indonesia semakin baik dan semakin profesional nelayan-nya. eh ya, nelayan juga harus hidup layak, karena berjasa mengambil ikan, kalau tidak ada nelayan, kita tidak bisa makan2 laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Dimas, untung yah ada nelayan jadi bisa makan ikan salem :)

      Delete
    2. Bisa makan Ikan teri..juga jasa dari para nelayan :)

      Delete
  8. dengan adanya Workshop ini pastinya sangat bermanfaat untuk terciptanya peluang lapangan kerja baru di sektor kelautan dan perikanan yah mas...

    ReplyDelete
  9. wah, semoga sukses aja deh program baru nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah semoga sukses, kita dukung sama-sama :)

      Delete
  10. Dengan program baru ini semoga semuanya berjalan dengan lancar :)

    ReplyDelete
  11. semoga saja apa yang direncanakan berjalan sesuai dengan yang di inginkan oleh kita semua ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin kang Dede saya juga berpendapat begitu :)

      Delete
  12. Mudah-mudahan dapat segera terwujud yah mas PP sesuai dengan apa yang diharapkan dan yang membutuhkan pekerjaan juga bisa tersalurkan, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  13. info yang luar biasa mas, terimakasih sudah berbagi, semoga langkah pemerintah tidak hanya menjadi wacana diatas kertas.

    ReplyDelete
  14. Semoga berjalan lancar dan menemukan titik terang khusus utk kesejahteraan para nelayan tentunya :)

    ReplyDelete
  15. disungai airnya terasa tawar ,
    kalau dilaut pasti airnya asin ,
    semoga prongramnya lancar ,
    dan semua hasilnya semua ngerasain ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaknya tambah pintar
      dan semuanya harus disyukurin
      hehe...

      Delete
  16. makin maju

    moga sukses ke depannya

    ReplyDelete
  17. setidaknya workshop ini sangat berarti buat pengembangan perikanan di nusantara! kita tunggu hasilnya yeah

    ReplyDelete
  18. Semoga semakin banyak lapangan kerja baru yang tercipta. Amienn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mas Yanuar, semoga angka pengangguran terus menurun yah mas...

      Delete
  19. semoga nantinya banak menciptakan lapanan kerja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mudah-mudahan begitu mas Rizal :)

      Delete
  20. Aminn..
    mudah2.an yah ?
    biar makin kecil angka pengangguran ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mudah-mudahan banyak pelaut-pelaut muda yang bisa bekerja yah mbak...

      Delete
  21. Berkunjung lagi. heheh. Salam blogwalking ceria

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat datang kembali mas Yanuar hehe...

      Delete
    2. saya juga datang lagi memantai keadaan sekitar hehe...

      Delete
  22. wah mantap mantap, mangkin sukses selalu ya

    ReplyDelete
  23. semoga berjalan dengan baik programnya .. :)

    ReplyDelete
  24. segala yang tidak negara luar miliki, kita miliki, dari SD manusia, alam dan sumber daya wisata semua kita miliki, kalau demikian betullah apa yang dikatakan menteri BUMN Dahlan Iskan, "persoalan terbesar bangsa ini, bukan pada bisa atau tidak bisa, tapi pada mau atau tidak mau".
    semoga apa yang telah direncanakan dandi impikan dapat terrealisasi

    ReplyDelete
  25. Berkunjung sobat selagi sempet online,,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan