Manfaat eceng gondok Pada Budidaya Ikan




enceng Gondok
Saya rasa anda semua sudah mengenal yang namanya Eceng gondok. 

Eceng gondok atau enceng gondok (Latin:Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air yang hidupnya mengapung. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe.



Eceng gondok pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Carl Friedrich Philipp von Martius, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman pada tahun 1824 ketika sedang melakukan ekspedisi di Sungai Amazon Brasil.Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya.


Bagi pemelihara ikan sebagian ada yang menggunakannya, dan Tanaman eceng gondok ini mengambang di kolam dan sebagian paling disukai oleh pembudidaya ikan untuk peneduh atau sebagai penutup permukaan air dikala terjadi panas dari sinar matahari, dan fungsinya untuk menaungi air kolam dan menyediakan tempat bagi ikan untuk kabur dari panas matahari.


Menurut informasinya Eceng Gondok ini berasal dari Daerah Brazil dan entah kapan sampai ke Indonesia. Yang jelas Enceng gondok ini adalah sebenarnya tanaman air dan tumbuh cepat sehingga memblokir aliran air dan jika hidup ditempat yang tidak dikehendaki dapat merusak atau menghambat perjalanan air dll. Namun demikian, daun eceng gondok itu cantik, bahkan ketika ia berbunga. Bunganya ungu dan menambah keindahan kolam. Salah satu cara untuk mencegah ia berkembang luas adalah membatasinya dengan tali di sekitarnya, pasang sekitar 5 cm di atas permukaan air. jika tidak begitu, eceng gondok sudah mengambil alih seluruh permukaan kolam.


Cara menanamnya cukup letakkan eceng gondok di atas permukaan air kolam. Tanaman ini akan menyebar begitu saja di sana seiring waktu.


Sistem akarnya bercabang panjang dan berat seperti ditutupi serabut hitam hitam.

Tanaman eceng gondok ini sebenarbnya sangat  efektif untuk membuang kotoran ikan dari air. Akar yang tua berwarna hitam dan muda berwarna putih.  Akarnya dapat tumbuh hingga 45 cm. Kalau dasar kolamnya lumpur dan akarnya sudah sampai kesana, ia akan tumbuh lebih cepat lagi.


Menurut pakar ahli Lebih dari 30 tahun lalu, NASA melihat potensi besar dari eceng gondok untuk memurnikan air pada perjalanan luar angkasa yang panjang dan melakukan penelitian pada tanaman ini. Hasil dari studi ini ditemukan kalau tanaman ini dapat menghemat jutaan dolar jika digunakan dalam fasilitas pemurnian air untuk memurnikan air. Hal ini terkait dengan kekuatan luar biasa sistem akar eceng gondok untuk menyerap kotoran. Saat ini ia sudah banyak digunakan di banyak pusat penanganan limbah di kota besar di AS. Jadi ia juga bagus untuk kolam.


Selain itu, eceng gondok juga mengendalikan pertumbuhan ganggang, sang pemangsa oksigen kolam. Mereka mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke kolam sehingga ganggang sesak napas. Mereka juga menyedot nutrisi yang dibutuhkan ganggang untuk tumbuh dengan baik.


Tapi kalau dibiarkan, eceng gondok bisa tumbuh ke samping dan keatas juga. Ia bisa mencapai tinggi 1 meter. Anak  ikan Koi ini sangat senang terhadap eceng gondok ini dan biasanya ia sering bersembunyi atau tinggal di daerah akarnya karena menjadi perlindungan dari predator. Tapi karena  ikan Koi ini senang makan daun, koi juga memangsa eceng gondok. Jadi, eceng gondok juga berfungsi sebagai makanan sekaligus benteng bagi Koi, asal tidak terlalu banyak di kolam.


Jadi bagi para pembudidaya ikan saya rasa ini akan lebih baik jika dalam sistim pemeliharaannya ditanam akar gondok karena selain untuk membersihkan air diperairan juga dapat melindungi ikan dari sengatan panas matagari yang terlalu tinggi. Selain itu tanaman ini juga bisa melindungi anak ikan terhadap serangan binatang atau hama lainnya.



salam berbagi..............)

Comments

  1. iya mas eceng gondok ini memang berguna untuk pembudidaya ikan, manfaatnya selain yg disebutkan diatas eceng gondok juga berfungsi sbagai substrat pemijahan loh mas dn biasa d pakai utk pemijahan ikan maskoki,, sip mas artikel yang bagus,, salam perikanan,,

    ReplyDelete
  2. eceng gondok yang terdapat di kolam ikan selain untuk tempat berteduh ikan juga untuk makanan ikan ya pak..

    ReplyDelete
  3. wah ternyata eceng gondok banyak gunanya juga ya pak, padahal selama ini eceng gondok lebih dikenal dari sisi kerusakan yang ditimbulkan olehnya...

    ReplyDelete
  4. ternyata selain mempercantik kolam juga bisa membuan kotoran ya pak? tak kira cuma membikin kotor kolam saja, mungkin banyak ularnya lho pak

    ReplyDelete
  5. weleh-weleh,
    kok yang saya tau selama ini Eceng Gondok cuma semacam hama pengganggu aja ya, hmm, bisa saya edukasi juga nih teman saya yang punya kolam..

    ReplyDelete
  6. selama ini saya salah persepsi donk, ternyata si gondok bermanfaat juga yah! info menarik bro

    ReplyDelete
  7. Wah pantesan aja sawah yg suka banyak eceng gondoknya ikan gabusnya gede-gede banget mas berarti ngambil makanan dari eceng gondok tersebut kali ya :)

    ReplyDelete
  8. jadi menambah pengetahuan dan wawasan saya nih mas..khususnya mengenai jenis tumbuhan ini
    terima kasih ya udah berbagi ke kita kita :)
    sukses always..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas bud sering-sering aja mampir disini apa lagi pembahasan tentang ikan disini dah diuraikan lengkap banget :) Jadi buat sobat-sobat yang mau ternak budidaya ikan bisa belajar dari blognya mas PP :)

      Delete
    2. bener mas Marnes....mas PP...memang ahli di bidangnya :)

      Delete
    3. Kalau saya pengen Bakar Ikan ada gak yah
      Di Mas PPI..? hhhh Mas Budi haiii...hhhhhhh

      Delete
    4. Bakar ikan sambil minum soda..cocok ndak mas :)

      Delete
  9. ternyata enceng gondok dari brazil, siapa yang membawa kemari ya ?
    Kirain enceng gongok tidak ada manfaatnya dan mengganggu pertumbuhan ikan. ternyata justru bermanfaatnya terhadap ikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mas djangkaru lupa ya siapa yang ngantar ke indonesia waktu itu...dia pakai pos kilat

      Delete
  10. Selain sangat bermanfaat untuk ikan, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya sob, salah satu kerajinan dalam bentuk apa sob?

      Delete
    2. Oh gitu ya sob, salah satu kerajinan dalam bentuk apa sob?

      Delete
  11. Detail sekali penjelasannya.
    Trims sudah berbagi ilmunya dan salam kenal, kalau sempat mampir balik :)

    ReplyDelete
  12. Wah ternyata persepsi kebanyakan orang tentang eceng gondok salah besar ya gan.. di Jakarta sendiri eceng gondok yang tumbuh di danau, kolam2 atau kali selalu dibasmi karena dianggap sebagai tanaman sampah atau gulma. Padahal sebenarnya eceng gondok justru bermanfaat untuk menjernihkan air dari polusi ya gan..

    ReplyDelete
  13. BLOGWALKING IN HERE http://www.cheathelps.com/company-of-heroes-anthology-2-700-4-trainer/ CHEATHELPS

    ReplyDelete
  14. pertumbuhanx emank cepat pak.., mgkn sebulan sdh bs menjalar kemana2, tp trnyata ada jg sisi manfaatx.., makasih infox pak! *smile

    ReplyDelete
  15. Salam kenal Mas PPI, Nyimak artikelnya menarik nih
    Tentang Manfaat Eceng gondok, nice full artikelnya Mas

    Ijin Follow Blog nya Mas. demi memperkuat tali silaturahmi
    Antar Blogging, jangan sungkan, datang ke blog saya
    Mohon partisipasi dan motivasinya, terima kasih

    ReplyDelete
  16. O, yah samapai lupa pada sobat blogging semua
    Yang ada disini, salam gabung dan salam kenal semua
    Saya blogging, pemula yang masih, perlu belajar dari
    Sobat semua.. salam sukses Yah Mas PPI...

    ReplyDelete
  17. eceng emang bagus buat ikan, tapi waktu seminar IDI, eceng tidak bagus untuk dikonsumsi manusia

    ReplyDelete
  18. ga di sungai ga di rawa-rawa
    kog banyak ya enceng gondoknya
    tapi indah bila berbunga
    saya suka melihat dan menyentuhnya

    hehehe

    ReplyDelete
  19. betul mas... eceng gondokpun mudah hidupnya

    ReplyDelete
  20. dicilembu, tanaman eceng gondok utamanya memang untuk pembudidaya ikan, tapi selain gituh, eceng gondok bagi warga cilembu, juga dipake untuk lauk nasi,baik diolah sebagai sayur, atau dipake cocol sambel terasi....kalau liat peruntukkannya kira-kira berbahaya ngga yah?

    ReplyDelete
  21. Eceng gondok memang banyak manfaatnya, bisa diolah juga menjadi berbagai handicraft yang menarik.

    www.1sthappyfamily.com

    ReplyDelete
  22. Terus kalau ikannya nggak di kasih makan nggak apa ya mas...bisa ngirit lho..untuk ikan jenis bandeng atau mujaer

    ReplyDelete
  23. terkadang eceng gondok jadi tanaman yang menyebalkan bila sudah menyebar keseluruh kolam tanpa terkendali :-)

    ReplyDelete
  24. artikel bagus mas, eceng gondok memang banyak manfaatnya pak
    terutama yg suka piara ikan mas, untuk tempat nempelnya bertelurnya ikan mas, thanks
    kunjung balik ya mas blog sederhana saya http://iklans-ukses.blogspot.com/

    ReplyDelete
  25. wah jadi nambah ilmu ni mas, mantap sekali artikelnya,

    ReplyDelete
  26. Salam Mas PP. Ijin simak diartikel pengetahuantentang Eceng
    Memang Eceng bisa jadi Gulma jika di sawah dan merusak padi
    Tapi jika di tambak sangat banyak manfaatnya tentu buat ikan
    Malahan sekarang eceng, bisa di manfaatkan untuk kerajinan
    Dan menghasilkan nilai jual yang sangat mahal. terima kasih Mas PP, Atas artikel dan berbaginya salam sukses.

    ReplyDelete
  27. Sangat kreatif Mas PP ini saya salut deh sama Mas PP
    Sosok dan Figur nya patut di tiru untuk kita semua, sukses Mas

    ReplyDelete
  28. Eceng gondok ternyata sangat bermanfaat bagi ikan ya mas,,, saya kira hanya limbah aja krn dulu dibendungan sutami pernah dianggap sebagai limbah, sebab saking terlalu banyaknya eceng gondok.
    makasih nice sharingnya ^_^

    ReplyDelete
  29. Ooohh ini tho yang namanya ecenk gondok...
    Aku cuma tau namanya dan belum prnah lihat wujud aslinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan