Monday, April 24, 2017

Mengenal Surga Tersembunyi Di Kaimana

Mungkin ketika nama Papua dibicarakan, pasti yang akan terlintas dipikiran Anda adalah Raja Ampat. Memang tak bisa dipungkiri lagi soal pesona objek wisata satu ini. Raja Ampat mampu mempesona setiap wisatawan dengan pesona kecantikan alamnya.



Jika Anda pernah mendengarkan lagu "Senja Di Kaimana" yang dinyanyikan oleh (Alm) Alfian di era tahun 1970an, pasti Anda akan mengerti kenapa lagu ini diciptakan. Lagu yang dibawakan oleh (Alm) Alfian ini membuat banyak orang berimajinasi tentang keindahan senja di Kaimana. Kabupaten Kaimana terletak di bagian Selatan Provinsi Papua Barat yang memiliki luas wilayah 36.000 KM2, dimana 18.500 KMmerupakan wilayah daratan dan 17.500 KMmerupakan wilayah perairan. Kabupaten Kaimana dikenal juga dengan sebutan "Kota Senja". Fenomena alam warisan Tuhan Yang Maha Esa ini akan Anda jumpai saat akan tenggelamnya matahari di Kabupaten Kaimana.



Selain Senjanya yang memukau, ada salah satu objek wisata yang sangat mempesona bernama Teluk Triton. Teluk Triton adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan bila berkunjung ke Kabupaten Kaimana. Keindahan serta panorama alamnya mampu menghipnotis setiap wisatawan yang berkunjung. Keindahan dinding dan pulau-pulau karang ditambah dengan ketenangan air laut yang memberikan pemandangan dasar laut yang sangat indah dengan terumbu karang serta ikan-ikan yang penuh dengan warna warni menjadikan kawasan ini menjadi primadona wisata Kabupaten Kaimana.

Sebelum dimanjakan keindahan alam Teluk Triton, para wisatawan akan kembali disuguhkan dengan tingginya nilai karya seni masyarakat pada zaman Papua Kuno. Karya tersebut dilukiskan pada dinding-dinding karang yang sangat sulit di jangkau oleh manusia. Lukisan ini diperkirakan berumur lebih dari 500 tahun yang lalu. Teluk Triton merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) Kabupaten Kaimana yang merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia. KKLD ini (termasuk Teluk Triton), memiliki potensi sumberdaya dan keanekaragaman hayati laut yang tinggi. Tercatat bahwa KKLD ini memiliki 471 spesies karang, serta 995 spesies ikan, serta memiliki kelimpahan (biomassa) ikan komersil yang terbesar di kawasan Asia Tenggara, yaitu sekitar 228 ton/KM2. 

Mengenal Surga Tersembunyi Di Kaimana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat