Mengerikan, Inilah akibat Pencemaran Radioaktif


Sahabat semua yang saya cintai, ..
Selamat datang dan salam sejahtera untuk semua....
Pada postingan sebelumnya Penyuluh Perikanan telah membuat postingan dengan judul Akibat Pencemaran Air oleh limbah yg mengandung Zat Kimia an organik, dan sebelum itu juga sudah dijelaskan mengenai Akibat Pencemaran air yang disebabkan oleh Bahan oeganik.
Dan untuk postingan pada kesempatan ini Penyuluh juga mau berbagi lagi sekedar untuk Sharing dan menambah wawasan untuk kita semua, siapa tahu ada manfaatnya. 



Disini kita akan membicarakan mengenai Akibat Pencemaran air yang disebabkan oleh Bahan Radioaktif. Sahabat, Ternyata air itu bisa cemar karena Limbah. Limbah yang dapat mencemari air ternyata  banyak ragamnya, selain oleh zat Kimia organik dan zat kimia an organik, juga bisa cemar oleh limbah lainnya.  Pencemaran bisa juga disebabkan oleh limbah lainnya seperti Bahan Radioaktif. Pencemaran yang disebabkan oleh radioaktif dapat bersifat alami ataupun akibat kegiatan manusia. Pencemaran radioaktif ke badan perairan antara lain biasanya bersumber dari buangan limbah rumah sakit, pabrik, ataupun tambang uranium. Dari hasil kegiatan yang biasa dilakukan manusia Secara alami, pencemaran radioaktif bersumber pada isotop radioaktif yang secara alamiah ada di air  misalnya saja seperti radon. Pencemaran yang disebabkan radioaktif juga sangat berbahaya hal ini disebabkan karena zatradioaktif  akan berakumulasi dalam tubuh, akibatnya  dapat menyebabkan penyakit kanker, dan kematian terutama  apabila ada pada konsentrasi yang tinggi.  bagi Anak-anak pada umumnya lebih sensitif terhadap pencemaran radiasi tersebut dibanding orang dewasa.
Seyogyanya untuk Fasilitas yang mempergunakan materi radioaktif harus sangat diatur dan dimonitor  selalu secara hati-hati dan gunanya adalah untuk menghindari dan mencegah kebocoran. Biasanya Salah satu sumber kebocoran yang dapat mengakibatkan pencemaran adalah pada penyimpanan limbah bahan radioaktif. Apalagi Akibat daripada penggunaan nuklir, berton-ton limbah radioaktif telah terakumulasi selama beberapa tahun dan harus disimpan secara sangat aman untuk beberapa ratus tahun. Kemudian Potensi bahayanya adalah jika  terjadi kebocoran yang dapat mencemari airtanah dan air permukaan. Oleh karena itulah untuk pembuangan atau penyimpanan yang aman harus  diupayakan secara terus menerus.
Limbah merupakan sisa usaha atau kegiatan manusia itu sendiri.
Ada beberapa konsep dalam mengelola limbah, yaitu mereduksi limbah, meminimalisasi limbah melalui reduksi sumbernya, produksi bersih, dan teknologi bersih.
Kegiatan pelayanan RS selain meningkatkan derajat kesehatan, juga menghasilkan limbah medis. Limbah medis ini mengandung kuman patogen, virus, zat kimia beracun, dan zat radioaktif yang membahayakan dan menimbulkan gangguan kesehatan.
Limbah medis dapat berupa benda tajam, seperti jarum suntik atau perlengkapan infus.
Ada juga limbah infeksius yang berkaitan dengan penyakit menular dan limbah laboratorium yang terkait pemeriksaan mikrobiologi. Limbah jaringan tubuh meliputi organ anggota badan, darah, dan cairan tubuh yang dihasilkan saat pembedahan. Limbah ini dikategorikan berbahaya dan mengakibatkan risiko tinggi infeksi.
Keberagaman limbah memerlukan penanganan yang baik sebelum limbah dibuang. Sayang sebagian besar pengelolaan limbah masih di bawah standar lingkungan karena umumnya dibuang ke tempat perairan dengan sistem open dumping atau dibuang di sembarang tempat. Padahal, limbah medis seharusnya dibakar menjadi abu di insinerator bersuhu minimal 1.200-1.600 derajat celsius.

Nah sampai disini dulu sahabatku semua, semoga sedikit demi sedikit bisa menambah wawasan dan Pengetahuan untuk kita bersama. Jadi hal yang terpenting untuk menjadi renungan kita bersama, bahwa lebih baik kita melakukan tindakan yang bersifat Prefentif. Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Mari kita semua meningkatkan kebersamaan untuk saling menjaga dan mempertahankan kelestarian sumberdaya alam ini secara bersama, agar sumberdaya alam dan perairan ini tetap terjaga dan lestari, Demi keberlangsungan anak cucu kita bersama, nantinya.

Demikian salam berbagi, semoga ada manfaatnya


Sumber:
Dari berbagai sumber 
Dan  dari berbagai Ilmu pengetahuan Dasar tentang Lingkungan



===ooo000ooo===

Kita semua makhluk hidup sangat membutuhkan air  yang bersih

Air yang bersih bukan saja dibutuhkan oleh Manusia, Tapi hewan juga membutuhkannya, oleh karena itu kita sebagai Insan yang memiliki kesadaranlah yang memahaminya, Maka Janganlah air yang sudah bersih ini dikotori oleh limbah, tapi sayangilah kelestarian sumberdaya alam termasuk air dan lingkungan di Planet Bumi ini sebaik mungkin.

Comments

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA