PENGOPERASIAN JARING MILENIUM


Sahabat Penyuluh perikanan yang saya hormati, setelah  kita mempelajari postingan tentang pengenalan jaring milenium dan memahami tentang bagian-bagian pada jaring milenium, maka pada kesempatan ini Penyuluh perikanan akan membahas tentang cara melakukan pengoperasian jaring milenium. Kalau kita perhatikan secara jelas memang tidak jauh berbeda, bahwa Jaring millenium sebenarnya adalah jaring insang, cuma mengalami  modifikasi pada senarnya, kalau pada umumnya pakai senar yang mono, sekarang menggunakan senar yang berserat atau poll, jaring millenium berbentuk empat persegi panjang yang dilengkapi pelampung, pemberat tali ris atas dan bawah.





Pengoperasian jaring milenium dimulai dengan pembuangan pelampung tanda dan tali selambar sepanjang 50 meter. Kemudian dilanjutkan dengan badan jaring sampai selesai dan yang terakhir adalah tali selambar serta pelampung tanda.

Jaring milenium dioperasikan dengan cara dibiarkan hanyut di perairan, baik itu dihanyutkan di permukaan perairan, kolom perairan atau dihanyutkan di dasar perairan (Gambar 1 dan 2). Pengoperasian jaring milenium adalah dengan cara salah satu ujungnya diikatkan pada perahu atau kapal kemudian jaring bersama-sama dengan kapal atau perahu dibiarkan hanyut terbawa arus.
Pengoperasian jaring milenium biasanya dilakukan pada sore sampai malam hari dan pengangkatannya dilakukan pada dini hari. Diupayakan agar jaring ini dalam pengoperasiannya tidak terkena minyak.

Tingginya produktivitas tangkapan ikan jaring milenium lantaran  simpulnya yang mengandung fosfor menyala di dalam air. Hal ini menarik ikanikan yang bersifat fototaksis positif terhadap cahaya, seperti tenggiri, tongkol, maupun ikan-ikan dasar (demersal) lainnya.

Gambar 2 Jaring milenium permukaan perairan


Gambar 3 Jaring milenium dasar perairan


Kesimpulan dalam penjelasan ini:
  1. Jaring milenium sebenarnya adalah jaring insang, cuma mengalami modifikasi pada senarnya, kalau pada umumnya pakai senar yang mono, sekarang menggunakan senar yang berserat atau poll, jaring millenium berbentuk empat persegi panjang yang dilengkapi pelampung, pemberat tali  ris atas dan bawah.
  2. Jaring milenium dioperasikan dengan cara dibiarkan hanyut di perairan, baik itu dihanyutkan di permukaan perairan, kolom perairan atau dihanyutkan di dasar perairan.
  3. Tingginya produktivitas tangkapan ikan jaring milenium lantaran simpulnya  yang mengandung fosfor menyala di dalam air. Hal ini menarik ikan-ikan yang bersifat fototaksis positif terhadap cahaya, seperti tenggiri, tongkol, maupun ikan-ikan dasar (demersal) lainnya.

Demikian salam berbagi semoga bermanfaat


Sumber referensi:
·         Kementerian Kelautan dan Perikanan
·         Badan pengembangan sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
·         Pusat Pengembangan Penyuluhan perikanan
-       BBPI Semarang


Comments

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA