UMPAN MINI LONG LINE ATAU RAWAI TUNA


Mini long line atau rawai tuna dalam operasinya menggunakan Umpan dari jenis ikan. Biasanya sebelum akan melakukan operasi dilakukan penangkapan (Fishing) untuk mencari umpan di laut itu sendiri, baik dengan Gilnet maupun dengan alat tangkap lainnya sehingga Ikan yang akan ditangkap dapat dijadikan  sebagai umpan untuk melakukan kegiatan penangkapan pada Mini long line atau rawai tuna.

Ada beberapa jenis ikan yang biasa digunakan sebagai Umpan untuk Mini long line atau rawai tuna seperti Ikan Lemuru, Cumi-cumi atau sotong, Ikan kembung, ikan layang atau ikan lainnya yang sejenis, termasuk juga ikan bandeng.


 Cara pemasangan umpan pada mata pancing:
Adapun dalam pelaksanaan Penangkapan Mini long line yang merupakan alat tangkap pancing maka cara yang digunakan untuk pemasangan yaitu pada Matanya, tutup insang, ekor, dan punggungnya.

Beberapa jenis ikan yang biasa digunakan sebagai umpan dalam pengoperasian Mini long line atau rawai tuna, diantaranya adalah :

Ikan Lemuru (Sardinella longiceps);. Ikan Lemuru ini sering dipakai dan digunakan untuk dijadikan Umpan dalam penangkapannya. Ikan lemuru ini Mempunyai satu sirip punggung yang berjari-jari lemah sebanyak 16-17 buah, satu sirip dubur berjari-jari lemah 14-15 buah. . Panjang lemuru dapat mencapai 20cm, umumnya berkisar 10-15 cm.. Umpan ikan lemuru dalam 1kg ± 15 ekor
Ikan Cumi-cumi (Loligo spp.);. Cumi-cumi juga dapat digunakan sebagai umpan dalam penangkapan alat tangkap ini. Bentuk badan cumi-cumi memanjang runcing (Marjuki, Soselisan dan Astro, 1983). Makanan cumi cumi berupa ikan kecil dan crustacean. Binatang ini memburu mangsanya pada malam hari. Umpan yang biasa digunakan dalam 1kg terdapat ± 12 ekor cumi-cumi

Ikan Kembung (Rastrelliger spp.) ; Ikan Kembung merupakan Ikan Konsumsi, namun dalam operasional Penangkapan Tuna Ikan ini digunakan sebagai Umpan, dan ikan ini mempunyai dua sirip punggung, sirip punggung pertama berjari-jari keras sebanyak 10 buah, sedangkan sirip punggung kedua berjari-jari keras 1 buah dan berjari-jari lemah 11-12 buah. Umpan yang biasa digunakan adalah 1kg ± 12 ekor .

Ikan Layang (Decapterus spp);. Ikan layang ini yang sering dipakai umumnya sebagai umpan dalam operasi penangkapan Mini long line. Ikan ini Mempunyai dua sirip punggung, sirip punggung pertama berjari-jari keras 8 buah, sedangkan sirip punggung kedua berjari-jari keras 1buah dan 31-33 buah jari-jari lemah. Umpan yang biasa digunakan adalah 1kg ± 15 ekor .

Ikan Bandeng (Chanos chanos);Jika tidak ada ikan laut maka ikan bandeng dapat digunakan sebagai Umpan pada penangkapan Mini long line. Bandeng termasuk family chanidae. Mempunyai satu sirip punggung dan berjari-jari keras sebanyak 9 buah, sedangkan sirip dubur pertama mempunyai 5–6 jari-jari lemah dan 11-12 jari-jari lemah pada sirip dubur kedua. Umpan yang biasa digunakan adalahberat 1kg berjumlah 8-10 ekor.
 





Demikian semoga bermanfaat

Artikel terkait:
  1. Hasil tangkapan Mini Long Line
  2. Methode Pengoperasian Mini Long Line
  3. Cara Penanganan Hasil tangkapan Mini Long Line

sumber refernsi:
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Direktorat jendral Perikanan Tangkap
Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan
Pusat Pengembangan Penyuluhan Perikanan
Materi Penyuluhan Perikanan

Comments

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan