Mengenal Gelombang Laut



Mari Sejenak kita lihat ombak dilautan. Ombak yang terjadi dilaut inilah yang sering kita lihat dan itulah yang dinamakan gelombang, Ombak atau gelombang yang ada pada permukaan air laut yang selalu bergerak naik dan turun.

Pergerakan naik dan turunnya suatu perairan diatas permukaan laut yang terlihat oleh mata kita itu bergerak kadang besar dan kecil. Jadi ombak yang bergerak itu sebenarnya adalah Gelombang. Pengertiannya disini "Gelombang adalah suatu pergerakan dari naik turunnya air laut dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk lembah dan bukit kurva atau grafik sinusoidal.


Gelombang laut ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:
Crest : merupakan titik tertinggi/puncak sebuah gelombang.
Trough : merupakan titik terendah atau lembah sebuah gelombag.
Wave height : merupakan jarak vertikal antara crest dan trough atau disebut juga tinggi gelombang.
Wave lenght : merupakan jarak berturut-turut antara dua buah crest atau dua buah trough, disebut juga satu panjang gelombang.
Wave period : waktu yg dibutuhkan crest untuk kembali pada titik semula secara berturut-turut, disebut juga periode gelombang.
Wave steepnees : perbandingan dimana panjang gelombang dengan tinggi gelombang, disebut juga kemiringan gelombang.

Gelombang ini dibagi menjadi beberapa type
1. Gelombang pembangun pembentuk atau pembangun pantai (Constructive wave).
gelombang pembentuk pantai, bercirikan mempunyai ketinggian kecil dan kecepatan rambatnya sangat rendah. Sehingga saat gelombang teresebut pecah di pantai akan mengangkut sedimen (material pantai). Material pantai akan tertinggal di daerah pantai (deposit) ketika aliran balik dari gelombang pecah meresap ke dalam pasir atau pelan-pelan mengalir kembali ke laut.


2. Gelombang perusak daerah pantai (Destructive wave).
Gelombang Perusak daerah pantai ini biasanya bergerak cukup tingggi dan kecepatan rambat yang besar (sangat tinggi). Air yg kembali berputar mempunyai lebih sedikit waktu untuk meresap ke dalam pasir. Disaat gelombang datang kembali menghantam pantai akan ada banyak volume air yang terkumpul dan mengangkut material pantai menuju ke tengah laut atau ke tempat lain.


Mengapa gelombang ini bisa terjadi???
Nah mungkin anda juga heran kenapa air laut bisa bergerak dan menjadi gelombang. Gelombang ini bisa terjadi karena ada beberapa faktor  yang dapat membangkitkanya yaitu: Angin, Sea dan swell, Gerakan Partikel air, Geometri laut, atau karena terjadi Gempa.

Ketinggian dan kecuraman yang terjadi pada Gelombang
Gelombang laut ini selau berubah-ubah terkadang bergerak secara besar sehingga menjadi tinggi. gelombang laut yang terjadi hingga tingggi sedemikian rupa ini dipengaruhi oleh beberapa komponen gelombang, merupakan perbedaan frekuensi & amplitudo. jadi jika tinggi dan frekuensi gelombang diketahui, maka sangat memungkinkan untuk memprediksi secara akurat tinggi dan frekuensi gelombang terbesar. 

Pecahan gelombang
Ternyata Gelombang yang bergerak dilaut itu juga tidak stabil bahkan Gelombang itu sendiri pecah, akibatnya pergerakannyapun tidak beraturan. Pecahan gelombang atau gelombang yang pecah adalah suatu sistem yang sangat komplek. Bahkan disaat beberapa jarak sebelum gelombang pecah, bentuknyapun tidak sinusoidal lagi. Jadi model matematika untuk gelombang seperti ini lebih komplek dari pada yang diasumsikan dalam hal ini. Jika terjadi gelombang pecah, itu adalah merupakan sebuah bentuk energi yang diterima dari angin berkurang. Ada beberapa energi dibalikkan kembali kelaut, jumlahnya bergantung pada kemiringan pantai, maka semakin kecil sudut kemiringan pantai, dimana semakin kecil energi yg dibalikkan. Kebanyaan energi berkurang sebagai panas dalam percampuran skala kecil dari buih air dan pasir.


Sampai disini dulu semoga bermanfaat
Sumber: Berbagai sumber.

Comments

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan