Potensi Perikanan Purworejo Menjanjikan

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Potensi perikanan di Kabupaten Purworejo sebenarnya cukup besar. Tapi sayang nasib para nelayan dan petani ikan masih cukup memprihatinkan karena taraf kehidupannya masih berada di kalangan menengah ke bawah. Diperlukan terobosan untuk memaksimalkan potensi tersebut agar memberikan kesejahteraan.

Hal itu diungkapkan Assek III Drs Sigit Budi Mulyanto dalam sambutannya saat pengukuhan kepengurusan Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Cabang Purworejo periode 2013-2016 di aula PAYM Danukusumo Kelurahan Kledung Kradenan, Rabu (3/4).


Lebih lanjut diungkapkan Sigit, Kabupaten Purworejo memiliki kolam seluas 156,960 hektare, tambak 136,250 hektare, sungai 1.301.000, rawa 638,650 hekatare, serta panjang pantai 21 km.
Menurut Sigit, peranan IPKANI sangat dibutuhkan dalam menyatukan para penyuluh perikanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Sebagai lembaga independen, program IPKANI terbukti dapat menyelaraskan program pemerintah,” ungkapnya.
PLt Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPP-KT) Kabupaten Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi, menginformasikan kepengurusan IPKANI periode 2013-2016, dibentuk setelah kepengurusan lama 2009-2012 berakhir masa baktinya.
Diharapkan melalui IPKANI, ada peran aktif serta bisa meningkatkan profesionalisme penyuluh perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha di bidang perikanan. IPKANI dibentuk sejak 2009 lalu. Awalnya hanya beranggotan  15 orang dari para PPL pegawai negeri sipil (PNS) saja. Sekarang menjadi 28 orang, terdiri dari 12 PPL PNS, 15 orang PPL swadaya dan seorang anggota kehormatan.
Namun dari 12 orang PPL PNS, usianya rata-rata sudah diatas 50 tahun. Mereka didukung oleh penyuluh perikanan kontrak 5 orang, penyuluh swadaya 32 orang, pelaku usaha perikanan ada 149 orang.
Sumber: SUARA MERDEKA Tanggal 03 April 2013 Hal.1

Comments

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA