Tuesday, July 11, 2017

CIRI-CIRI KUDA LAUT YANG MENARIK


Kuda laut jantan dan anak-anaknya

Mungkin kalian pernah melihat kuda laut di televisi atau di buku-buku. Rupa kuda laut yang tidak lazim (seperti kuda), dan cara berenang mereka yang bergelombang, mungkin telah menarik rasa ingin tahu kalian. 

Tahukah kalian bahwa, bertolak belakang dengan perkiraan orang, binatang-binatang ini sesungguhnya sangat kecil? Kuda laut, yang berukuran sekitar 4 hingga 30 sentimeter biasanya hidup di antara ganggang laut dan tumbuhan air lainnya yang berdekatan dengan pantai. Lapisan pelindung tulang kuda laut melindunginya dari bahaya. Pelindung ini begitu kuat, sampai-sampai kalian benar-benar tidak mungkin dapat meremukkan kuda laut yang dikeringkan dengan tangan kalian sendiri. 





Kepala kuda laut berada pada sudut yang tegak lurus (membentuk sudut siku-siku) dengan tubuhnya. Hal semacam ini tidak terlihat pada ikan lainnya. Akibatnya, kuda laut berenang dengan tubuh tegak dan dapat menggerakkan kepala mereka ke atas dan ke bawah. Namun, mereka tidak dapat menggelengkan kepala ke samping. 


 Sekarang, mari pikirkan persoalan yang mungkin dialami makhluk hidup lainnya jika mereka tidak dapat menggerakkan kepala mereka ke kanan dan ke kiri. Mereka akan terkena berbagai hal yang membahayakan tubuh. Namun, berkat rancangan tubuh mereka yang istimewa, kuda laut tidak mengalami masalah semacam itu. Setiap mata seekor kuda laut dapat bergerak sendiri-sendiri, bebas ke semua arah. Itulah mengapa kuda laut dapat melihat keadaan di sekelilingnya dengan mudah, walaupun tidak dapat menggerakkan kepala ke samping.
 
Gerakan jenis ikan ini di dalam air juga penting untuk diperhatikan: kuda laut bisa berenang berkat suatu sistem yang unik. Setiap kuda laut memiliki sejumlah kantung renang. Dengan menyesuaikan jumlah udara yang mengisi kantung ini, seekor kuda laut dapat berenang naik turun. Jika kantung udara ini rusak, atau kehilangan gas sedikit saja, kuda laut akan tenggelam ke dasar laut. Ini berarti kematian baginya.



Satu hal harus dicatat di sini: jumlah udara yang mengisi kantung renang telah dirancang dengan tepat. Karena itu, setiap perubahan bisa mengakibatkan kematian binatang itu. Susunan yang begitu tepat ini mengungkap sesuatu yang sangat penting bagi kita. Jika kuda laut hanya dapat bertahan hidup dengan sejumlah udara dalam kantung-kantung mereka, maka organ-organ (alat tubuh) yang mereka miliki hari ini pasti sama dengan organ serupa yang dimiliki saat kemunculan pertama mereka di bumi. Dengan kata lain, kuda laut tidaklah mendapatkan organ-organ mereka satu demi satu dalam waktu tertentu, seperti dinyatakan oleh para ahli evolusi. Mereka diciptakan bersama dengan seluruh organ dan ciri-cirinya sekaligus.
 
Seperti makhluk lain di alam semesta, Allah menciptakan kuda laut dengan lengkap dan sempurna. Rancangan kuda laut, yang sesungguhnya hanyalah satu di antara begitu banyak jenis makhluk laut, merupakan sebuah contoh kekuasan Allah yang tak terbatas dan pengetahuan-Nya yang tiada habisnya.

CIRI-CIRI KUDA LAUT YANG MENARIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: RUSTADI MM

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat