Posts

Showing posts from April 7, 2017

BUDIDAYA IKAN NILA GIFT

Image
(Oreochromis niloticus bleeker)
1. PENDAHULUAN
Ikan Nila GIFT (Oreochromis niloticus bleeker) merupakan jenis ikan air tawar yang mudah dikembangbiakan dan toleransinya yang tinggi terhadap perubahan lingkungan maupun kemudahan pemeliharaannya. Rasanya cukup gurih dan d i gemari masvarakat Indonesia.
jenis Ikan Nila diantaranya Citralada, tralada, lokal dan Nila GIFT yang masuk ke Indonesia pada tahun 1984 dan 1996 dari ICLARAM Philipina melalui Balai Penelitian Perikanan Air Tawar (Balitkanwar).

Budidaya Ikan Gurami

Image
Ikan Gurami dikenal oleh masyarakat sumbar sebagai  ikan yang paling istimewa, oleh karena itu tidak salah lagi kalau ikan Guami ini memiliki harga yang lumayan. Ikan gurami ini memiliki rasa yang lezat dan banyak digemari oleh lapisan masyarakat Indonesia. Penggemar Ikan Gurami ini bukan cuma di daerah Jawa tapi seluruh pelosok penjuru dari berbagai propinsi diwilayah Indonesia bahkan sampai ke Luar negeri. Sejalan dengan Program kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka mewujudkan Visi dan misinya Yaitu Indonesia sebagai penghasil produk perikanan terbesar di Dunia hingga tahun 2015,   

Sekilas Budidaya Ikan Patin

Image
Belum banyak diketahui orang bahwa ikan membangun sarang dan memberikan perlindungan terus-menerus bagi anak-keturunannya. Sarang-sarang ini biasanya merupakan lubang-lubang yang digali di antara kerikil atau di dalam pasir. Telur-telur berkembang di sarang terbuka ini untuk beberapa waktu, selama itu induk dan bapak ikan bergantian menjaga sarang dari musuh-musuhnya. Ikan patin adalah di antara jenis makhluk yang melindungi anak-anak mereka. Dan para sahabat penyuluh perikanan perlu untuk terus memberitahukan kepada para masyakat agar mulai gemar makan ikan.

KKP Luncurkan SK3 Profesional Konservasi Perairan

Image
Dalam rangka pembangunan berkelanjutan, Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono mendeklarasikan kawasan konservasi perairan Indonesia yang dikelola secara efektif seluas 20 juta hektar pada tahun 2020. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meresponnya dengan menargetkan 2.400 tenaga kerja profesional yang mengelola 76 kawasan konservasi perairan di Indonesia pada tahun 2014. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional tersebut, KKP menerbitkan competency standards atau Standar Kompetensi Kerja Khusus (SK3) Perencanaan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan yang partisipatif.

MENGENAL RUMPUT LAUT

Image
Sahabat semua yang saya Cintai,..Postingan ini saya akan membicarakan Sekilas Rumput Laut, ya sekedar berbagi, semoga ada manfaatnya.... Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa  Indonesia memiliki perairan yang sangat luas dan berpotensi besar untuk pengembangan industri perikanan berbasis rumput laut. Pada saat ini pengembangan industri rumput laut masih menjadi salah satu program revitalisasi Kementrian Kelautan dan Perikanan, karena komoditas rumput laut memberikan kontribusi dan penyumbang devisa negara terbesar setelah komoditas udang dan tuna. Pengembangan industri rumput laut di Indonesia memiliki prospek yang cerah. Hal ini disebabkan karena tehnik pembudidayaan rumput laut yang relatif mudah dikuasai oleh masyarakat,, sehingga usaha tersebut dapat dilakukan secara masal. Disamping itu permintaan terhadap rumput laut dan produk olahannya baik di pasar domestik maupun internasional selalu menunjukkan peningkatan setiap tahunnya.      
Dalam rangka peningkatan nilai tambah serta …