PERLENGKAPAN KAPAL PERIKANAN

Kapal-kapal perikanan secara umum harus memiliki perlengkapan (mekanik dan manual) baik yang disyaratkan oleh aturan keselamatan kapal maupun yang dibutuhkan sesuai dengan jenis kegiatannya. Perlengkapan tersebut terdiri dari perlengkapan primer dan perlengkapan sekunder. 

Perlengkapan primer adalah semua peralatan kapal yang diwajibkan oleh aturan keselamatan kapal dan peralatan lain yang fungsinya tidak dapat digantikan dengan perlengkapan lainnya kecuali dalam keadaan mendesak, sedangkan perlengkapan sekunder adalah semua peralatan yang dianjurkan oleh aturan keselamatan kapal dan peralatan kerja lain yang fungsinya dapat digantikan oleh peralatan lainnya. Perlengkapan yang disyaratkan oleh aturan keselamatan kapa wajib memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh PT. Klasifikasi Indonesia (PTKI) atau badan-badan sertifikasi internasional lainnya.


Related Posts:

Manfaat eceng gondok Pada Budidaya Ikan




enceng Gondok
Saya rasa anda semua sudah mengenal yang namanya Eceng gondok. 

Eceng gondok atau enceng gondok (Latin:Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air yang hidupnya mengapung. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe.


Related Posts:

MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN


Median Penyuuluhan
Definisi Media Penyuluhan
Secara umum   dapat   dikatakan   bahwa   media   merupakan suatu   perantara   yang digunakan   dalam   proses   belajar.

Tujuan   penggunaan   media   adalah   untuk   memperjelas informasi yang disampaikan sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan sasaran. Dengan    demikian media    berperan    penting   dalam    memberikan pengalaman kongkrit dan sesuai dengan tujuan belajar. 


Related Posts:

Pancing Rawai Dasar


Rawai dasar
PenyuluhPerikanan. Kegiatan penangkapan ikan Merupakan salah satu kegiatan yang bersifat sama seperti orang berburu, yang dilakukan di laut guna menangkap ikan yang layak untuk konsumsi. Berbagai jenis alat tangkap telah dikembangkan untuk membantu mempermudah proses berburu di laut. Alat tangkap dikembangkan dengan mengacu pada tingkah laku jenis ikan dan habitat dimana ikan berada. 

Berdasarkan habitat ikan, sumber daya ikan dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu ikan pelagis (permukaan) dan ikan demersal (ikan dasar). Jenis-ienis ikan dasar, biasanya adalah ikan karnivora yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, seperti; ikan-ikan karang, kerapu, cucut, dsb. Sesuai dengan karakteristik habitat dan tingkah laku ikan dasar, kemudian dikembangkan beberapa alat tangkap, seperti; pancing, jaring dasar dan rawai dasar.

Related Posts:

Budidaya Ikan Emas

Budidaya Ikan Emas
Pembangunanan Perikanan dan Kelautan merupakan bagian integral dari pembangunanan ekonomi secara keseluruhan dan harus menunjang terwujudnya perekonomian yang maju, efisien dan tanguh yang dicirikan oleh kemampuan dalam mensejahterakan petani tambak dan nelayan sekaligus meningkatkan kemandirian serta kemampuannya dalam mendorong sektor perikanan pada umumnya. Pembangunan Perikanan di Indonesia ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan
nelayan.


Related Posts:

BAGIAN PADA JARING MILENIUM


Pembuatan Jaring Millenium
Sahabat Penyuluh Perikanan yang saya hormati, selamat datang salam jumpa.

Dalam postingan ini Penyuluh perikanan  akan membahas tentang bagiam-bagian pada jaring milenium. Pada postingan sebelumnya  Penyuluh perikanan telah memperkenalkan tentang jaring Milenium, dan postingan ini merupakan kelanjutan pada postingan sebelunya. Bagian-bagian dari jaring milenium umumnya terdiri dari : pelampung, tali  pelampung, tali ris atas, badan jaring dan pemberat.


Related Posts:

PERLENGKAPAN ALAT NAVIGASI DAN KOMUNIKASI PADA KAPAL

Alat Navigasi kapal merupakan suatu yang sangat penting dalam menentukan arah kapal, Pada zaman dahulu kala Untuk menentukan arah kapal berlayar tidak jauh dari benua atau daratan.

alat komunikasi kapal digunakan untuk berhubungan antara awak kapal yang beada pada satu kapal, atau dapat di gunakan untuk komunikasi dengan kapal lain, dan atau berkomunikasi dengan darat.

zaman dulu navigasi kapal atau arah tujuan kapal dilakukan dengan melihat posisi benda-benda langit seperti matahari dan bintang-bintang dilangit, nah lho kira-kira gimana ya klo langit langit mendung. pasti jadi susah menentukan arah tujuan kapal untuk zaman sekarang lebih mudah dengan alat-alat navigasi kapal modern.

nah sekarang kapal cargo mau membahas tentang alat navigasi kapal, ini dia alat-alat navigasi kapal :

Related Posts:

Teknologi Budidaya Ikan Emas Koki

Penyuluh Perikanan, Sahabat semua yang saya hormati, Dalam usaha budidaya ikan ada dua kegiatan yang sangat penting yaitu pembenihan ikan dan pembesaran ikan. Pembenihan ikan memegang peranan penting dalam pengembangan suatu usaha budidaya ikan. Buku ini juga merupakan Materipenyuluhan yang  berjudul Pembenihan IkanHias Maskoki (Carrasius auratus) yang terdiri dari 5 ruang lingkup yaitu persiapan pemeliharaan, pemilihan calon induk, pembenihan ikan hias maskoki, pencegahan Penyakit, dan perawatan Benih. Disajikan dengan sistematis agar dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca sehingga akan meningkatkan kompetensi dasar pemeliharaan ikan hias jenis maskoki. Pokoknya lengkap

Related Posts:

Zonasi Kawasan Konservasi Perairan


Zonasi kawasan konservasi perairan dilakukan sebagai upaya penataan kawasan berdasarkan fungsi dengan mempertimbangkan potensi sumber daya, daya dukung, dan proses-proses ekologis yang terjadi pada kawasan tersebut. Terdapat empat zonasi dalam kawasan konservasi perairan, yaitu : zona inti, zona perikanan berkelanjutan, zona pemanfaatan, dan zona lainnya. Dalam zonasi tersebut zona inti memiliki luasan paling sedikit 2 % dari luas kawasan.


Related Posts: