Alat Tangkap Jaring Insang (Gill Net)


GillNet
Definisi Alat Tangkap


Gill net sering diterjemahkan dengan “jaring insang”, “jaring rahang”, dan lain sebagainya. Istilah “gill net” didasarkan pada pemikiran bahwa ikan-ikan yang tertangkap “gilled-terjerat” pada sekitar operculum nya pada mata jaring. Sedangkan “gill net dasar” atau “bottom gill net” adalah jaring insang, jaring rahang yang cara operasinya ataupun kedudukan jaring pada fishing ground direntangkan pada dasar laut, yang demikian berarti jenis-jenis ikan yang menjadi tujuan penangkapan ialah ikan-ikan dasar (bottom fish) ataupun ikan-ikan damersal, dengan bahan jaring terbuat dari multi fibre.


Related Posts:

BUDIDAYA KEPITING BAKAU

Postingan ini merupakan Kelanjutan dari postingan sebelumya, seperti yang sudah kita ketahui saat ini  para peminat Kepiting Bakau semakin hari kian semakin Bertambah, sedangkan para konsumen yang meminati kepiting ini juga semakin banyak baik dari dalam negeri Maupun Luar negeri.............Kurangnya pengetahuan terhadap Tehnik budidaya kepiting Bakau-Soka dapat memperlambat produksi dari jumlah yang ada terutama  di pasaran,  sehingga jika penangkapan dari alam, yang kesinambungan dan volume produksinya

Related Posts:

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

SIDAT (Anguilla Spp)
Gambar 1. Sidat kembang (Anguilla mauritania)


Kalau dilihat Ikan sidat ini bentuknya sekilas mirip dengan belut namun sebenarnya Sidat ini berbeda dengan belut, sidat memiliki sirip dada, sirip punggung, dan Sirip dubur yang sempurna, sehingga orang menduga sirip itu adalah “daun bertelinga‟ sehingga dinamakan pula „belut bertelinga‟.

Related Posts:

Cara Budidaya Cacing Sutera Yang Baik


Bagi pembudidaya ikan khususnya yang berkecimpung di bidang pembenihan cacing sutera ini merupakan pakan alami yang sangat dibutuhkan, terutama pada saat kondisi ikan masih sangan kecil yaitu  pada fase awal (larva). Pemberikan pakan alami dengan menggunakan Cacing sutera ini sangat baik karena cacing ini memiliki kandungan nutrisi seperti (protein 57% dan lemak 13%) sehingga untuk pertumbuhan kondisi ikan yang masih kecil dalam bentuk larva ini sangat cocok dan baik mengingat ukurannya sesuai dengan bukaan mulut larva, disamping itu harganya lebih murah dibanding artemia.

Related Posts:

Ini Alasanya Kenapa Budidaya Ikan Bisa Kaya Dan Bahagia



Budidaya ikan di kolam air tawar ini merupakan salah satu kegiatan yang sebenarnya sangat menyenangkan sebab selain sebagai cara untuk memberikan ketentraman dan kenyamanan dalam hati juga bisa meningkatkan pendapatan sebagai usaha kita khususnya meningkatkan gizi dan juga pendapatan perekonomian bagi keluarga. Melakukan Usaha Perikanan Budidaya tidaklah sulit dan itu sangat mudah karena tidak memerlukan pengetahuan atau keahlian khusus kecuali keseriusan kita dalam menekuni usahanya yaitu dengan memperhatikan TehnikBudidaya. Semakin sering kita mencoba untuk melakukan usaha tersebut semakin banyak pengalaman yang kita dapat, semakin tentram perasaan hati dan semakin merasa bahagia.

Related Posts:

BUDIDAYA PATIN MENUJU ERA INDUSTRIALISASI


“Potensi lahan dan sumberdaya di Indonesia untuk budidaya patin sangat bisa diandalkan untuk dapat menyamai produksi patin di Vietnam, bahkan apabila kita bisa memanfaatkan dan menerapkan teknologi yang kita miliki, produksi patin Indonesia bisa melebihi Vietnam. Seperti Sungai Mekong di Vietnam, Sungai Batanghari di Jambi akan mampu menjadi salah satu sentra produksi patin di Indonesia”,

demikian disampaikan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, pada saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupatan Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Jum’at (3/5).

Related Posts:

Budidaya Ikan Tawes

1. PENDAHULUAN
Ikan Tawes ini merupakan jenis komoditas perikanan air tawar. Ikan ini sangat mudah untuk dibudidayakan oleh siapa saja. Selain rasanya enak ikan ini banyak sekali digemari oleh masyarakat Indonesia. Kebutuhan akan konsumsi Ikan Tawes ini cukup banyak seperti ikan lainnya. Untuk itu mari kita budidayakan ikan Tawes ini dengan baik sehingga hasilnyapun akan menjadi lebih baik. Dalam sistim budidaya Ikan Tawes pada umumnya untuk Penyediaan benih yang bermutu dalam jumlah cukup dan kontinyu merupakan faktor penting dalam upaya pengembangan budidaya ikan konsumsi. 

Related Posts: