Konstruksi Rumpon

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa Rumpon yang dikenal sebagai tempat untuk menemtukan dan memastikan bagi ikan untuk tetap berkumpul ditempatnya, ini memiliki Konstruksi. Adapun Konstruksi tersebut merupakan suatu model yang dapat ditentukan. Komponen rumpon secara umum terdiri dari, ponton dan komponen bagian atas, tali rumpon, rantai bawah dan jangkar.  Perhatikan skematik rumpan pada gambar 2.1

Related Posts:

Budidaya Ikan patin

Berbagai Jenis  ikan perairan Air tawar memang lumayan banyak jumlahnya, dan selama ini masyarakat kita banyak yang memiliki hoby dan hoby tersebut juga menjadi salah satu bagian dari usaha mereka yang kiranya bisa dijadikan peluang. Saat sekarang Ikan Patin juga sudah dikenal dimana-mana khususnya di masyarakat Indonesia, dan sudah tersebar hingg sampai kepelosok di pedesaan, bahkan banyak yang menggemarinya.  Postingan kali ini sengaja saya sajikan sebagai bahan Informasi dan merupakan Teknologie yang dapat dijadikan sebagai bahan pengetahuan bagi siapa saja yang akan melakukan usaha budidaya khususnya ikan Patin.

Related Posts:

Panglima Laot


Panglima Laot merupakan suatu institusi Adat yang mengatur tentang tata cara meupayang/penangkapan ikan di laut. Panglima Laot selain sebagai institusi juga sebagai seorang ketua lembaga itu sehingga orang menyebut mereka sebagai Panglima Laot.

Related Posts:

Mutu Ikan Segar

Mutu atau Kualitas Bahan Baku (Ikan)
1.      Mutu Ikan Segar
Penanganan ikan setelah penangkapan atau pemanenan memegang peranan penting untuk memperoleh nilai jual ikan yang maksimal. Salah satu faktor yang menentukan nilai jual ikan dan hasil perikanan yang lain adalah tingkat kesegarannya. Semakin segar ikan sampai ke tangan pembeli maka harga jual ikan tersebut akan semakin mahal. Tingkat kesegaran ikan ini sangat terkait dengan cara penanganan ikan (Junianto, 2003).\

Related Posts:

Ukuran Dan Bentuk Kapal

Kapal adalah sarana transpotasi air yang digunakan untuk mengangkut barang, hewan, manusia dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Selain itu kapal juga dapat digunakan sebagai alat pertahanan, rekreasi, laboratorium maupun kapal kerja. Sehingga dilihat dari muatan yang diangkut maka kita kenal berbagai tipe kapal seperti : general cargo ship, tanker ship, bulk carrier ship, container ship, ro-ro ship, passanger ship.

Related Posts:

Dokumen Perkapalan Perikanan

Dokumen Perkapalan Perikanan - Sebuah kapal agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan aman, harus dilengkapi dengan surat-surat kapal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terdapat beberapa macam sertifikat kapal, yg keberadaannya merupakan persyaratan bagi kapal yg bersangkutan sesuai dg peruntukannya. Jenis-jenis sertifikat tersebut adalah :

Related Posts:

ARTIKEL BUDIDAYA PERIKANAN


Penyuluh perikananMmu. Artikel Perikanan Budidaya ini merupakan sebuah judul dalam postingan kali ini mengingat banyaknya artikel yang menjelaskan tentang Budidaya Perikanan.
Budidaya Perikanan sampai saat ini sudah berkembang di wilayah Negara Republik Indonesia hingga sampai pada Daerah terpencil yang sangat jauh dari Perkotaan. Banyak sistim yang dilakukan dalam Budidaya Perikanan oleh lapisan masyarakat Indonesia, namun demikian masih banyak pula yang tidak sesuai dengan anjuran yang disampaikan Oleh Pemerintah sehingga akibatnya mengalami kegagalan akibat kurangnya pengetahuan dan teknologi yang dianjurkan.


Related Posts:

Ternyata kotoran sapi bisa dijadikan sebagai pakan ikan (pelet)

Para sahabat yang saya cintai, pada postingan sebelumnya saya sudah pernah mengajak anda untuk memelihara ikan dengan berbagai cara, baik pada budidaya perikanan dengan lahan luas, sedang, sampai yang sekecil mugkin dan praktis.

Nah dalam usaha Budidaya Ikan Air tawar seringkali kita dihadapkan pada suatu persoalan yang lumayan rumit, persoalan  yang sering terjadi dalam usaha Budidaya Perikanan Bukanlah  masalah teknis, Tapi Justeru terdapat pada bagian dari Proses Produksi itu sendiri, salah satu yang menjadi hambatan yang sering kita temui dan menjadi keluhan mereka  seringkali pada masalah pakan buatan atau yang sering disebut pelet.

Related Posts:

Artikel Perikanan



Penyuluh Perikanan .Artikel Perikanan, selamat datang, salam jumpa dan salam sejahtera untuk sahabat semua.
Postingan kali ini penyuluh perikanan mengambil judul Artikel Perikanan. Artikel Perikanan yang dimaksud disini adalah artikel yang ada dalam Blog penyuluh perikanan.
Penyuluh perikanan mengajak sahabat semua jika anda sebagai Pelaku Utama dan Pelaku Usaha ingin mengetahui dan mencari artikel tentang Perikanan, maka anda termasuk salah satu dari orang yang tepat, karena Blog ini merupakan sebuah blog yang sudah dibuat dan disajikan sedemikian rupa untuk anda sebagai pelaku utama dan Pelaku usaha dalam Dunia Perikanan.

Related Posts:

Mengenal Surga Tersembunyi Di Kaimana

Mungkin ketika nama Papua dibicarakan, pasti yang akan terlintas dipikiran Anda adalah Raja Ampat. Memang tak bisa dipungkiri lagi soal pesona objek wisata satu ini. Raja Ampat mampu mempesona setiap wisatawan dengan pesona kecantikan alamnya.



Jika Anda pernah mendengarkan lagu "Senja Di Kaimana" yang dinyanyikan oleh (Alm) Alfian di era tahun 1970an, pasti Anda akan mengerti kenapa lagu ini diciptakan. Lagu yang dibawakan oleh (Alm) Alfian ini membuat banyak orang berimajinasi tentang keindahan senja di Kaimana. Kabupaten Kaimana terletak di bagian Selatan Provinsi Papua Barat yang memiliki luas wilayah 36.000 KM2, dimana 18.500 KMmerupakan wilayah daratan dan 17.500 KMmerupakan wilayah perairan. Kabupaten Kaimana dikenal juga dengan sebutan "Kota Senja". Fenomena alam warisan Tuhan Yang Maha Esa ini akan Anda jumpai saat akan tenggelamnya matahari di Kabupaten Kaimana.

Related Posts: