Posts

Showing posts from July 10, 2017

KANTUNG TIDUR IKAN BAYAN (PARROTFISH)

Image
Kantung tidur yang melindungi ikan bayan tampak dalam gambar di bawah ini.
Ikan bayan yang tampak dalam gambar ini disebut parrotfish dalam Bahasa Inggris karena, seperti bisa kalian lihat, ikan ini menyerupai burung beo. Ikan yang berwarna-warni ini menggunakan cara yang tidak biasa untuk melindungi dirinya dalam menghadapi musuh-musuhnya.  
 Utamanya di malam hari, ikan bayan melapisi seluruh tubuhnya dengan zat mirip agar-agar yang dihasilkan sendiri olehnya.  Sebelum menjawab pertanyaan “mengapa?”, mari perhatikan bagaimana zat ini dibuat dan digunakan.

Ekspor ikan ditargetkan tumbuh 19%

JAKARTA- Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan ekspor produk hasil perikanan tahun 2013 mencapai 5 milliar dollar AS atau tumbuh 19 persen dibandingkan tahun 2012 sebesar 4,2 milliar dollar AS.

"Pada 2012, capaian nilai ekspor produk perikanan kita terus menunjukkan peningkatan. Kami optimis dengan target 5 miliar dollar AS tersebut apalagi kita telah membuka pasar baru di Afrika dan Timur Tengah," jelas Sharif dalam acara Refleksi Tahun 2012 dan Outlook Tahun 2013 KKP di Jakarta, Rabu (9/1/2013).

Terumbu karang terancam punah

Image
Terumbu karang terancam punah - Keunikan dan keindahan serta keanekaragaman kehidupan bawah laut dari kepulauan Indonesia yang membentang luas di cakrawala khatulistiwa masih banyak menyimpan misteri dan tantangan terhadap potensinya. Salah satu dari potensi tersebut atau sumberdaya hayati yang tak ternilai harganya dari segi ekonomi atau ekologinya adalah sumberdaya terumbu karang dan jika kaitkan dengan pengembangan wisata bahari, maka keberadaan biota laut yang satu jelas mempunyai andil yang sangat besar. Karena, keberadaannya sangat penting dalam pengembangan berbagai sektor termasuk sektor pariwisata. 



MASALAH SUMBER DAYA AIR

Image
Brbicara soal air sebenarnya Air adalah faktor pembatas utama dalam ekosistem alam maupun sosiositem. Populasi manusia yang terus berkembang meningkatkan pula kebutuhan air bersih, dan pemanfaatan sumber daya air terus meningkat di semua tempat di bumi. 

Pemanfaatan yang terus meningkat tersebut antara lain menimbulkan pula kelangkaan akan air bersih. 

Secara menyeluruh kelangkaan sumber daya air disebabkan oleh 3 hal, yaitu:
- meningkatnya kebutuhan dan permintaan - distribusi air bersih yang tidak merata dan tidak adil - meningkatnya pencemaran air.