Saturday, April 15, 2017

Pemimpin Sejati



Berbicara soal Pemimpin sejati sebenarnya jujur saja saya tidak tahu bahkan masih mencari cari dari karakter yang sebenarnya akan arti kepempinan yang sejati itu.
Pada postingan sebelumnya pernah juga diposting soal  sifat penting sebagai karakter seorang pepimpin, dan kali ini mencoba memberikan pendapat soal kepemimpinan atau pemimpin sejati.

Kurasa dalam hal ini juga tidak ada salahnya  apabila saya mencoba berbicara kembali tentang  Kepemimpinan  itu sendiri
karena kita sebagai manusia memang memiliki kodrat sebagai pemimpin dan juga sebagai orang yang dipimpin. Tak dipungkiri ketika kita berbicara masalah "pemimpin" logika sederhana kita akan berbicara  tentang kesempurnaan, loyalitas, kemampuan, dan lain-lain.

Menurut  pemikiran rendahan saya sekarang akan mencoba mendeskripsikan seorang pemimpin sejati berdasarkan pengalaman pendek yang saya miliki. Kira-kira cuplikan singkatnya begini: 
Pemimpin itu adalah Laki-laki, mengapa harus orang laki laki? jawabannya sederhana, Sebab Laki laki itu pada umumnya  cenderung memiliki emosi yang lebih stabil dalam beberapa keadaan dan bisa berfikir jernih dalam suasana apapun sekalipun itu keruh. Kita juga hus mengakui pula bahwa  seorang laki laki secara umum memiliki  kecendrungan untuk mempengaruhi ketimbang dipengaruhi. Oleh karena itu, laki-laki sudah pasti  menjadi syarat utama untuk menjadi seorang pemimpin. Karena bagaimanapun juga laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita. Jadi saya rasa untuk yang satu ini sudah cukup jelas (bukankankah begitu sahabat).
Merangkul semua golongan, maksudnya adalah seorang pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik  pada setiap orang yang dipimpinnya. Kita tahu bahwa setiap manusia memiliki sifat heterogen yang sangat tinggi. Dalam hal ini, penting bagi seorang pemimpin bisa berkomunikasi dengan baik pada setiap orang agar kehadirannnya sebagai figur "pemimpin" dapat diterima mayoritas anggotanya.

Loyalitas, ketika kita berbicara mengenai kepemimpinan, tak dipungkiri tanggung jawab menjadi kata pertama yang mungkin muncul dalam benak kita. Loyalitas menunjukkan apakah seseorang itu merasa punya tanggung jawab lebih atau tidak, karena seorang pemimpin tak akan menjadi pemimpin yang baik sebelum ia berani mengorbankan sesuatu untuk organisasi atau kelompok yang dipimpinnya.

Memiliki virus emosi, yang dimaksud virus disini adalah kemampuan untuk menularkan emosi positif secara brutal dalam waktu singkat kepada setiap anggotanya. Karena, semua hal yang kita lakukan tergantung dengan motivasi yang mendorong kita melakukan sesuatu. Semakin besar dan kuat dorongan itu, maka semakin baik pula hasil yang kita dapatkan. Minimal, ketika suatu pekerjaan didasari oleh semangat yang baik proses kerja juga dipastikan akan berlangsung positif. Oleh karena itu, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mentransfer emosi dengan baik. Dalam hal ini kita berbicara tentang emosi positif tentunya.

Mengenal medan, ketika seseorang sudah menjadi pemimpin, artinya dia telah keluar dari zona aman dari suatu kelompok, otomatis akan banyak rintangan yang akan ia hadapi kedepannya. Setidaknya, ketika seseorang telah mengenali masalah maka kemenangan awal telah ia dapatkan.

Mungkin itu sekedar kata-kata tanpa guna dari saya sebagai orang tambahan yang ada di muka bumi. Yang jelas, ketika kita berbicara masalah pemimpin, yang harus digasrisbawahi ialah masalah proses selama ia menjadi pemimpin. Kepemimpinan itu tidak bisa dilihat dari inputnya, tetapi bagaimana proses merubahnya menjadi seorang yang puya karakter kepemimpinan. Artinya, seorang pemimpin haruslah berkembang sesuai dengan kebutuhan anggotanya, bukan memaksakan kepemimpinan dengan semua kemampuan yang dimilkinya. Alasannya sederhana, "masalah" itu statis, ia harus diselesaikan sesuai dengan dimensi waktunya agar dapat terselesaikan dengan baik.  Saya rasa begitu semoga ini akan memberikan tambahan dan manfaat buat kita sebagai seorang laki laki yang sepatutnya dalam kepemipinan.

Saya rasa demikian dan itu saja pendapat saya, Sekian dulu dan terimakasih.....


 KUTIPAN HADITS:
"Sebaik-baiknya pemimpin adalah mereka yang kamu cintai dan mencintai kamu, kamu berdoa untuk mereka dan mereka berdoa untuk kamu. Seburuk-buruk pemimpin adalah mereka yang kamu benci dan mereka membenci kamu, kamu melaknati mereka dan mereka melaknati kamu." ( H.R. Muslim).

Pemimpin Sejati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: RUSTADI MM

23 komentar:

  1. Artikel menarik sahabat,,
    Setidaknya laki2 itu bisa memimpin dalam keluarganya sendiri sebelum menjadi pemimpin yang lebih besar.

    ReplyDelete
  2. merangkul semua golongan nanti bisa bergaul dengan atasan dan bawahan ya pak

    ReplyDelete
  3. Sepertinya teorinya harus dipahami dulu apa arti pemimpin dan bagaimana memimpin,terima kasih penjelasannya tentang pemimpin sejatinya.

    ReplyDelete
  4. Bener2 sosok pemimipin yang mengayomi mas

    ReplyDelete
  5. artikel yang menarik bapak,,,,sekira dengan argumen dari posting ini, kita menjadi punya kerangka sosok pemimpin yang ideal bagi bangsa ini...terima kasih bapak...

    ReplyDelete
  6. wah...baru dengar kalo menularkan virus emosi positif harus dengan cara brutal...luarbiasa :-)

    ReplyDelete
  7. dimulai dari diri sendiri semoga kita bisa mempimpin diri sendiri trutamanya,,,,,

    ReplyDelete
  8. Ciri-ciri pemimpin sejati memang seperti yang mas PP sebutkan di atas, dan tentunya bisa menjadi contoh dan panutan untuk para pengikutnya, makasih mas PP :)

    ReplyDelete
  9. Permisi numpang nyimak dan sekaligus absen lagi setelah sekian lama alpha

    ReplyDelete
  10. betul sekali apa yang mas bilang....
    yang jelas menjadi seorang pemimpin itu bukan perkara enteng hebat mas

    ReplyDelete
  11. Lengkap pak, menjadi pemimpin yang baik memang menjadi idaman buat para yang dipimpinnya.

    Lama pak tidak blogging.......

    ReplyDelete
  12. hadir kembali mencari pemimpin yang sejati...salam :-)

    ReplyDelete
  13. tips diatas memang harus dimiliki oleh seorang pemimpin sejatiyah mas PP

    ReplyDelete
  14. 'kata-kata tanpa gina' ???? Inimah berguna banget atuh buta saya,,, salam sehat buat bapak :)

    ReplyDelete
  15. point - point yang sangat penting bagi calon2 leader ship

    ReplyDelete
  16. selalu mendambakan pemimpin seperti baginda nabi Muhammad atau Patih Gajahmada

    ReplyDelete
  17. Akhirnya saya bisa berkomentar di blog agan setelah ganti browser -_- , Menurut saya untuk menjadi pemimpin sejati itu susah susah gampang , yang harus di lakukan adalah melakukannya dengan semangat dan ketulusan hati.
    terimakasih informasinya gan :)



    caturekoputro

    ReplyDelete
  18. Akhirnya saya berhasil koment di blog agan setelah ganti browser -_-. Menurut saya , untuk menjadi pemimpin itu susah susah gampang , yang harus di jalankan adalah melakukannya ( pemimpin ) dengan semangat dan setulus hati :)

    Terimakasih informasinya , sangat bermanfaaat :)

    ReplyDelete
  19. menurut saya untuk menjadi seorang pemimpin adalah dengan cara memimpin diri sendiri terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain :D
    nice post :D

    ReplyDelete
  20. Lalu bagaimana tanggapannya tentang pemimpin bergender wanita?

    ReplyDelete

Komentar anda sangat bermanfaat