7 Sifat Penting Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin



Sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah ke alam dunia ini untuk menjadi pemimpin, Namun terkadang kita tidak menyadari akan hal tersebut dan tidak tahu bahwa sebenarnya kita memiliki  potensi untuk menjadi seorang pemimpin, setidaknya pemimpin untuk diri sendiri dan keluarga. Demikian juga untuk sebuah organisasi atau instansi dan  pemerintahan tentu saja perlu adanya Pemimpin. Sebagai seorang Pemimpin tentu saja dituntut untuk melakukan apa yang dipimpinya.
Sebagai Seorang Pemimpin juga sangat diperlukan untuk memiliki rasa tanggung Jawab,  Optimisme,  Integritas, Menyukai perubahan, Ulet dan pantang  menyerah bahkan sanggup dan berani menghadapi resiko, dan berdedikasi. Akan tetapi ada hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu sifat-sifat yang baik dan terpuji.

Untuk itu  jika anda sebagai Pemimpin maka anda tidak boleh meninggalkan 7 Sifat Penting Yang Harus dimiliki sebagai Seorang  Pemimpin yaitu:
1. Sifat rendah hati.
Pada hakikatnya kedudukan pemimpin itu tidak berbeda dengan kedudukan yang dipimpin. Ia bukan orang yang harus terus di istimewakan. Ia hanya sekedar orang yang harus didahulukan selangkah dari yang lainnya karena ia mendapatkan kepercayaan dalam memimpin dan mengemban amanat. Ia seolah pelayan umat yang diatas pundaknya terletak tanggungjawab besar yang mesti dipertanggungjawabkan. Kerendahan hati biasanya mencerminkan persahabatan dan kekeluargaan, sebaliknya ke-egoan mencerminkan sifat takabur dan ingin menang sendiri.

2. Sifat terbuka untuk dikritik.
Seorang pemimpin haruslah menanggapi aspirasi-aspirasi umat dan terbuka untuk menerima kritik-kritik sehat yang membangun dan konstruktif. Tidak seyogiayanya menganggap kritikan itu sebagai hujatan, dan menganggap orang yang mengkritik sebagai lawan. Tetapi harus diperlakukan sebagai “mitra”dengan kebersamaan dalam rangka meluruskan dari kemungkinan buruk yang selama ini terjadi untuk membangun kepada perbaikan dan kemajuan.

3. Sifat jujur dan memegang amanah.
Kejujuran yang dimiliki seorang pemimpin merupakan simpati umat terhadapnya yang dapat membuahkan kepercayaan dari seluruh amanat yang telah diamanahkan. Pemimpin yang konsisten dengan amanat umat menjadi kunci dari sebuah kemajuan dan perbaikan

4. Sifat berlaku adil.
Keadailan adalah konteks real yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Keadilan bagi manusia tidak ada yang relatif. Islam meletakkan soal penegakan keadilan itu sebagai sikap yang esensial. Seorang pemimpin harus mampu menimbang dan memperlakukan sesuatu dengan seadil-adilnya bukan sebaliknya berpihak pada seorang saja atau berat sebelah.

5. Komitmen dalam perjuangan.
Sifat pantang menyerah dan konsisten pada konstitusi bersama bagi seorang pemimpin adalah penting. Teguh dan terus Istiqamah dalam menegakkan kebenaran dan keadilan. Pantang tergoda oleh rayuan dan semangat menjadi orang yang pertama di depan apabila ada yang hendak mengganggu kelancaran jalannya organisasi.

6. Bersikap Musyawarah.
Dalam term ini pemimpin tidak sembarang memutuskan sebelum adanya musyawarah diantara orang-orang disekelilingnya dan umat. Sebab dengan keterlibatan umat terhadap pemimpinnya dari sebuah kesepakatan bersama akan memberikan kepuasan, sehingga apapun yang akan terjadi baik buruknya bisa ditanggung bersama-sama.

7. Berbakti dan mengabdi kepada Allah.
Dalam hidup ini segala sesuatunya takkan terlepas dari pandangan Allah, manusia bisa berusaha semampunya dan sehebat-hebatnya namun yang menentukannya adalah Allah. Hubungan seorang pemimpin dengan Tuhannya tak kalah pentingnya yaitu dengan berbakti dan mengabdi kepada Allah. Semua ini dalam rangka memohon pertolongan dan ridho Allah semata. Dengan senantiasa berbakti kepada-Nya terutama dalam menegakkan sholat lima waktu contohnya, seorang pemimpin akan mendapat hidayah untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang keji dan tercela.

Demikian semoga bermanfaat.

Sumber: Dari berbagai sumber

Comments

  1. Kalau semua pemimpin di Indonesia memiliki sifat tersebut, pasti Indonesia akan jauh lebih baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semoga aja pemimpin yang akan datang bisa seperti artikel di atas :)

      Delete
    2. sep,,tapi kira-kira siapa ni kandidat presiden yang akan datang,,hehe

      Delete
    3. presiden blogger ya mas :)

      Delete
    4. jadi ngebayangin bang haji rhoma kalau jadi president
      jadi geli sendri hrhr

      Delete
    5. semoga saja , ada di diri saya sob.

      Delete
  2. artikel yang sangat menambah wawasan pak, namun kayaknya jarang sekali eorang pemimpin yang mempunyai ketujuh sifat tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin saja untuk kedepan ada yang lebih baik dan memiliki kriteria seperti diatas mas

      Delete
    2. Optimis mas :)
      Dan mari kita bersama2 berdoa semoga pemimpin kita dapat mempunyai sifat2 itu.. :)

      Delete
    3. Amin... ayo kita doain rame-rame biar cepet terkabul :)

      Delete
    4. Ikutan Amiin,ya seneng donk kalau pemimpin negeri ini seperti itu,benerkan bro...??

      Delete
  3. eemm..betul tu PP, bukan senang nak jadi pemimpin, apa lagi nak jadi pemimpin yg di sayangi, thanks PP, salam jumaat dr malaysia

    ReplyDelete
  4. Hadir jelang jum'atan sobat,,,mf br sempet berkunjung

    ReplyDelete
  5. 7 sifat tersebut kalau diterapkan oleh para pemimpin kita sekarang ini pastinya negara akan aman, makmur dan setosa.

    pertamax

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti MANCARLI aman lancar terkendali

      Delete
    2. kalau ngeblog gratis wow salutzzzzzzz

      Delete
    3. pokok'e gemah ripah loh jinawi..heheeee

      Delete
    4. mas Budi tapi soal ngeblog saya sudah lama gratis Mas hehe

      Delete
  6. setuju sekali pak dengan uraiannya...
    dan sekarang diakui atau tidak rasanya sulit ya menemukan karakter seperti diatas pada pemimpin2 kita di level nasional...kalau adapun mungkin hanya beberapa orang saja. Saya follow blognya ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin hanya beberapa orang saja.

      termasuk saya kan kang WS haha

      Delete
  7. mohon maaf Kawan,beberapa hari terahir ini saya sangat suibuk sehingga tidak bisa online,

    Saya pernah membaca tulisan,yang berbunyi: Pasal 1 Bos selalu benar.Pasal 2.kalau bos salah kembali kepasal satu. ( jangan di ikutin yah )

    Sungguh sangat bertolak belakang dengan artikel diatas,dan andai semua pimpinan seperti yang ditulis dalam artikel diatas saya rasa Negeri ini akan tambah makmur semua rakyat sejahtera yah Gan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah membaca tulisan, yang berbunyi:
      Pasal 3. bos tidak pernah salah
      Pasal 4. kalau bos salah kembali kepasal 3 (jangan di tiru)

      memang untuk mencari seorang pemimpin di negeri ini yang memiliki kriteria seperti diatas bisa dibilang sangatlah sulit. semoga saja para CAPRES bisa belajar dari sini :) hehehe

      Delete
    2. Amin kang... saya pasti dukung kalo kang Dede jadi pemimpin...

      Delete
    3. Udah habis mas, telat sih datengnya hehe...

      Delete
    4. undang" mna ya mas?
      saya kok g psrnah bca pasal" gtu?

      Delete
    5. undang2nya gak di publikasikan mbak, hanya untuk orang tertentu saja :)

      Delete
  8. semoga ciri2 di atas ada diri saya

    Kunjungan rutin nihh sob, jangan lupa berkunjung juga diblog saya..

    ReplyDelete
  9. Insya Allah semuanya ada pada diri saya, walaupun hanya sekedar menjadi pemimpin keluarga kecil saya.

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat post nya :D

    ReplyDelete
  11. semoga para pemimpin
    membaca 7 sifat diatas
    Indonesia pasti makmur lahir batin
    dan rakyat pasti lega bernafas

    ReplyDelete
  12. point ke tujuh itu yang paling penting, apabila sudah mengabdi kepada ALLAH dengan setulus hati, maka semua point lainya akan terpenuhi...insya ALLAH :-)

    ReplyDelete
  13. Sudah saatnya para pemimpin negara ini mempunyai sifat2 seperti diatas. Dan sebentar lagi akan menjelang pemilu, semoga negara ini akan menemukan Pemimping yang mempunyai akhlak yg mulia dan bertakwa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  14. ijin untuk disave nih,nanti kalau ada pertemuan antar manager akan saya keluarkan nih,,,Terimakasih kawan untuk artikel yang satu ini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kang Dede udah manager yah... keren kang :)

      Delete
    2. Saya juga manager loh..
      Manager blogger ..cuman :)

      Delete
    3. mantab semua
      semoga menular ke saya :)

      Delete
  15. Nice artikel fan ;)

    kunjungin juga yeah http://ajixcrew.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. Cakeeep mas..., bila ke 7 sifat tersebut di atas benar-benar dijalankan dengan konsisten oleh para pemimpin kita, insyaallah akan amanah. Terima kasih sudah berbagi mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu pastinya mas, saya bantuk doa aja yah :)

      Delete
    2. saya sdh terwakili ya...hehe :)

      Delete
  17. Jarang mungkin yah mas pemimpin-pemimpin di Indonesia yang sesuai dengan kriteria di atas... semua memang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dan yang paling penting diantara semuanya adalah no 7 yah mas PP :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mas bud, bukan cuma nomer 7 tapi ke tujuh2nya semua adalah kunci :) iya kan pak penyuluh..

      Delete
  18. aku pengen punya pemimpin
    yang lahir batin
    bersifat alim dg tulus mas kawin
    membawaku membangun rumah ijin ..

    hehe

    ReplyDelete
  19. sip sip aku sangat setuju mas :)

    ReplyDelete
  20. dgn adanya point 7 maka insya ALlah semuax lancar2 sj *smile

    ReplyDelete
  21. Pada dasrnya kita semua pemimpin ya mas...
    Dan hal itu...mungkin bisa kita terapkan dulu di tiap diri pribadi masing2...

    Mampukah diri kita...sebelum menjudge...diri orang lain..
    Nice.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mas Bud pasti mampu yah mas... saya dukung deh jadi calon pemimpin di desa saya haha....

      Delete
    2. lelaki jadi pemimpin wanita
      tapi wanita ga ya

      atau gimana

      Delete
    3. @wegah ah mas...Ant
      sy mah cukup jd makmum aja..yg lebih pantes kayaknya ..putera daerah yg bersabgkutan deh...hehe
      bukan begitu..mas Andes...
      bener gak mas Ant...hehe
      yg penting kan.. buka puasa dulu sekrng :)

      @gimana nya..
      mau yg gimana mbak Ay...hehe :)

      Delete
    4. yoiii bangettt mas budi.. saya juga lebih suka jadi makmum saja. jadi pemimpin tuh, yang bener aja masih disalahin apalagi kalo yang salah.. pasti gak bakal di benerin :) bukankah begitu pak penyuluh..

      Delete
    5. aku juga slalu makmum
      dan dapat mudah tersenyum

      Delete
  22. selamat pagi Mas, maaf yaa Mas baru sempat berkunjung kesini karena saya sibuk merancang website ke dua saya di http://www.bisnisonline-terpercaya.com. selamat menjalankan Ibadah Puasa 1433 Mas, Mohon Maaf Lahir dan Batin...

    ReplyDelete
  23. emang harus dimiliki tuh sipat seperti itu untuk pemimpin tapi sebenernya jangan pemimpin aja semua juga harus menanamkan sipat - sipat itu hehehe.. :D bener gak ya sob... :)

    ReplyDelete
  24. kira2 aku punya semua sifat itu gak ya? hmm..
    semoga saja pemimpin kita punya ketujuh sifat itu..

    met menunaikan ibadah puasa sob.. maaf lahir dan batin ya

    ReplyDelete
  25. bener banget pak, semoga ada pemimpin yang kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak mas Dimas bagus nugroho yah maksudnya hehe...

      Delete
    2. kurang lebih seperti itu deh :)

      Delete
  26. tips jadi pemimpinya sangat baik
    perlu diamalkan
    maaf aku mang mengusik
    untuk ucapkan salam ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak mengusik mbak ay
      justru menambah asyikk :)

      Delete
    2. ia y tamba asik
      dan ceria
      aku ketarik
      kembali menyapa

      Delete
  27. Betul Pak, jadi pemimpin harus mempunyai sifat2 tersebut Pak, jangan seenaknya mentang2 bisa memimpin, ingat pertanggung jawabannya kelak. Salam..

    ReplyDelete
  28. Keadilan juga sangat perlu yah mas untuk dimiliki seorang pemimpin agar orang-orang yang dipimpinnya semakin senang...

    ReplyDelete
  29. selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
    bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaS sama bang Hari sy..mohon di bukakan pintu mav nya ya :)

      Delete
    2. sama-sama mas saya juga mohon maaf lahir matin :)

      Delete
  30. assalamualaikum, marhaban ya ramadhan, senyum sapa dari saya denny aby untuk para sobat blogger di bulan yang suci dan penuh berkah ini....visit balik ya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam..
      pasti di visit mas :)

      Delete
    2. senyum sapa balik mas...mohon maaf lahir batin :)

      Delete
  31. Sungguh berat tanggung jawab seorang pemimpin itu kerana dia akan dipertanggungjawabkan kepada rakyat yang dipimpinnya di akhirat nanti.

    ReplyDelete
  32. semoga tertanam pada diri kita masing",,,
    karena pemimpin yg baik adalah pemimpin yg bsa mimpin dirinya sendiri,,,,
    ini yg terutama

    ReplyDelete
  33. wah keren mas artikelnya :) nambah wawasan nih.. makasih ya..
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  34. owh gitu ya mas.. makasih ya buat infonya, jadi nambah wawasan nih..
    ditunggu juga kunjungan baliknya ya :)

    ReplyDelete
  35. Jadi pemimpin itu susah-susah gampang, keliatannya gampang tapi susah dijalanin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pemimpinnya saya pasti tiap tanggal tua pagi siang malem makannya mie instant..

      Delete
    2. Di tambah ngutang lagi makannya :)

      Delete
  36. semoga presiden kita seperti yang dijelaskan di atas, mempunyai 7 kriteria yang baik.

    ReplyDelete
  37. semoga 7 kriteria ini dimiliki presiden kita

    ReplyDelete
  38. assalamualaikum, banner sobat sudah saya pasang dengan rapi di blog saya,, silahkan di cek..http://dennyaby321.blogspot.com/
    pasang link saya juga ya sob.

    ReplyDelete
  39. susah nggak yah ngejalanin semuanya, tapi memeng perlu dicoba yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pemimpin itu susah-susah gampang, keliatannya gampang tapi susah dijalanin...

      Delete
  40. Apakah ini sama untuk memimpin diri sendiri?

    ReplyDelete
  41. setiap orang memang harus rendah hati ya jngan rendah diri, setuju bget gan :D

    ReplyDelete
  42. infmasinya bermanfaat banget gan terimakasih :D

    ReplyDelete
  43. Sayangnya di tanah air kita mayoritas pemimpin2 kita masih belum menanam sifat-sifat seperti diatas. Ataukah implementasinya mereka yang kurang? Entahlah...
    Postinga-x bagus sobat..

    ReplyDelete
  44. Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : D04A8185

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA