Menghemat Biaya Produksi Dengan Pelet Buatan


Penyuluh Perikanan
Penyuluh Perikanan._Sebagai Pelaku utama dan pelaku Usaha dalam Dunia Perikanan anda pasti sudah tahu kalau biaya produksi terhadap  Pakan Ikan (pelet) lumayan tinggi, Namun jika anda ingin untuk mengurangi biaya harga Pakan yang tinggi maka sebaiknya anda bisa melakukannya dengan membuat Pelet sendiri.

membuat pakan ikan (pelet) sendiri sebenarnya gak sulit yang penting  ada kemauan untuk belajar dan berusaha menacari info serta pengetahuan yang ada dimana mana. Akibat dari tingginya biaya produksi terhadap pemberian pakan dalam usaha perikanan Budidaya tersebut terkadang kita sebagai pelaku utama merasa bingung bahkan jenuh bagaimana caranya agar biaya produksi tersebut dapat ditekan serendah mungkin. 



Memang betul dalam BudidayaPerikanan khususnya pada pembesaran memang biaya produksi terhadap pakan ini memerlukan budged yang cukup tinggi nilainya. Namun apabila kita bisa menekan biaya pengeluaran untuk pemberian pakan itu bisa dikruangi  maka keuntungan dalam usaha ini akan meningkat secara signifikan.

Lalu bagaimana caranya???
Iya....Dalam kenyataannya pelet ikan yang ada di pasaran cenderung mengalami kenaikan sehingga keuntungan bisnis budidaya ikan semakin tipis. Jika pelet ikan bisa digantikan dengan makanan alami yang tersedia di sekitar kita atau menggunakan pelet buatan sendiri maka akan mampu menekan biaya produksi terhadap budidaya ikan. Apabila anda paham dan tahu cara membuat pelet ikan buatan sendiri maka ini sangat bagus dan dapat menolong usaha yang sedang anda lakukan khususnya budidaya ikan.

Yang terpenting untuk dapat anda dipertimbangkan dalam membuat pelet sendiri adalah kandungan nutrisi yang ada di dalam pelet buatan. Tentu saja kandungan nutrisi pelet buatan sendiri harus disesuaikan dengan kebutuhan ikan. Tiap-tiap jenis ikan memiliki kebutuhan kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Misalnya saja ikan lele memerlukan kandungan nutrisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan ikan nila, ikan gurame, dan ikan mas.

biasanya pada Pelet buatan pabrik sudah diukur seberapa jauh kandungan nutrisi di dalamnya sedangkan pelet buatan sendiri biasanya tidak terukur kandungan nutrisinya. Karena itu hal penting di dalam membuat pelet buatan sendiri adalah dengan mengatur keseimbangan protein, lemak dan serat. Kandungan nutrisi pelet buatan yang ideal akan mampu mengoptimalkan pertumbuhan ikan dan usia panen ikan yang tepat.

Selain itu yang perlu dipertimbangkan adalah usia ikan yang akan diberi makan pelet buatan. Setiap usia ikan yang berbeda memerlukan kandungan nutrisi yang berbeda. Misalnya saja ikan usia 1-3 bulan memerlukan protein antara 35% sampai 50 %, sedangkan usia ikan 4 bulan ke atas memerlukan protein 25% sampai 30%.

Bahan-bahan yang bisa dibuat dan digunakan dalam pembuatan Pelet buatan sendiri dapat diperoleh dimana mana seperti: Tepung ikan, dedak halus, jagung , kedelai, ampas tahu, ikan teri dan lain-lain.
Dan yang harus anda pahami dalam budidaya ikan khususnya pada pembesaran terutama dalam memberikan makanan pada ikan adalah melakukanya secara kontinuitas terhadap bahan-bahan campuran, tujuannya agar Ikan tersebut tidak mengalami stress. Sebab ikan juga akan mudah mengalami stress jika diberi makan pelet dari campuran yang berubah-ubah.

Jika anda ingin mempelajari tentang Bagaimana pembutan pakanIkan (pelet) silahkan anda kunjungi disini,dan anda akan mendapatkan petunjuknyasecara deteil atau jelas 

Demikian Sampai disini Selamat mencoba, semoga sukses.
Salam Kompak Penyuluh Perikanan...........

Comments

  1. Memperkecil biaya produksi dapat meningkatkan pendapatan. Konsep bagus untuk diterapkan dalam bidang produksi perikanan lainnya, sob. Nice share. terima kasih.

    ReplyDelete
  2. rumit juga ye pembuatan pelet. saya baru tahu ikan boleh stress gara campuran makanan. nice sharing :)

    ReplyDelete
  3. Como em todas as outras actividades agro-industriais devem desenvolver-se técnicas e produtos que tornem tudo mais económico e de melhor qualidade.
    O que acontece é que em muitos casos isso é contrário naturalmente depois ainda existem empresários cheios de ganância.
    Votos de uma boa semana.

    ReplyDelete
  4. lama tak maen kesini mas ...
    dengan cara seperti ini tentu akan menghemat biaya produksi .. jadi kesempatan dapat untung nya makin gede ya gak mas

    ReplyDelete
  5. Lama ga ngesot kemari apa kabarya nih bang..? terus terang saya banyak belajar dari blog abang ini tentang perikanan.

    ReplyDelete
  6. Sangat berguna infonya, kita sbg subjek memang harus pintar2 akalin ntuk mengurangi pngeluaran :)

    ReplyDelete
  7. lumayan juga nih tipsnya, bisa hemat pengeluaran lagi!

    komen back ya

    ReplyDelete
  8. Langkah yg tepat tuh mas.buat mensiasatinya dg membuat pakan sendiri..
    Di rasa cukup memvawa keuntungan dan harapan besar.khususnya untuk para pembudi daya ikan ya mas :)

    ReplyDelete
  9. Postingan yang mantep sobat, dengan menghemat biaya produksi potensi untuk mendapatkan keuntungan yg lebih besar akan terbuka lebar :)

    ReplyDelete
  10. membuat pelet sendiri dengan bahan tersebut apa tidak menambah biaaya produksi dan semakin mahal pak jatuhnya?

    ReplyDelete
  11. selain menghemat, bisa juga dijadikan lahan bisnis ya..apalagi kalo pelet bikinan sendiri kualitasnya bagus... luarbiasa :-)

    ReplyDelete
  12. Mantap Artikelnya,,, sangat membantu para peternak ikan. Dengan cara membuat pakan sendiri tentunya akan sangat menghemat anggaran produksi..

    ReplyDelete
  13. kayak meracik ransum ayam buat pakan ayam... yah pak..??? heheh jadi gak nyambung yah pertanyaan saya... heheh soalnya suka sama ayam sih "eh,,,, sukses buat usahanya pak,,,, saya jadi tertarik buat budidaya ikan... kayaknya menyenangkan serta menguntungkan.... nice post,,, folllow done

    ReplyDelete
  14. info yang bagus



    http://www.noormalashahar.com.my

    ReplyDelete
  15. Mampir lagi sambil baca artikel bagus du sni mas :)

    ReplyDelete
  16. seandainya tempat saya banyak air dan jarang kekeringan,pasti saya sudah buat kolam ikan

    ReplyDelete
  17. jaman susah gini emank hrs pandai2/kreatif mencari duit dan pandai2 menghemat.., *smile

    ReplyDelete
  18. waaaah bagus nih infonya untuk mencari duit dengan menghemat><

    ReplyDelete
  19. Desejo um bom fim de semana. Sábado e Domingo são dias para descansamos e cuidarmos no nosso espírito.
    Esta vida não poderá ser uma rotina de dias iguais.

    ReplyDelete
  20. bener2 kreative mas, semoga dengan artikel ini bisa menjadi inspirasi bagio para petani ikan pada khususnya.

    ReplyDelete
  21. Ikut menyemak di sini PI. Blog PI pantas menjadi Universiti Perikanan pada yang mencari info lanjut tentang teknik-teknik, costing dan info terbaru cabang pertanian/penternakan ikan yang lebih efektif. Sukses selalu PI.

    ReplyDelete
  22. Alternatif yang bagus. Saya menyimak dengan sepenuh hati, sayangnya dari paragraf satu ke paragraf yang lain isinya di ulang-ulang.

    Baik, mari berkunjung ke cara membuat pelet.

    ReplyDelete
  23. Alternatif yang bagus. Saya menyimak dengan sepenuh hati, sayangnya dari paragraf satu ke paragraf yang lain isinya di ulang-ulang.

    Baik, mari berkunjung ke cara membuat pelet.

    ReplyDelete
  24. dengan cara ini pembudidaya jadi lebih hemat

    ReplyDelete
  25. jadi lebih hemat, untung jadi lebih bnyk

    ReplyDelete
  26. hebat donk, bisa menghemat, apa gak sekalian aja sob peletnya dibikin utk dijual juga, kan dpt keuntungan dobel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menghemat biaya produksi ini salah satu upaya penghemat pengluaran
      Namun dengan tujuan hasil yang melimpah jika di salurkan pada
      Petani perikanan dan budi daya kelautan lainya ini ide yang akan menghasil
      Yang memuaskan pastinya sukses terus Mas PP

      Delete
    2. Komentar saya bisa nya di program balas Mas PP
      Karena halaman komentar nya terhalang widget
      Direktori itu jadi maaf di program bales

      Delete
  27. wah ilmu tambahan lagi nih,,,buat yang pengusaha yang kreatif dan punya kemauan pasti bisa mengatasi tingginya biaya produksi,dengan cara membuat pakan sendiri,Luarbiasa infonya,,,salam succes selalau kawan..............................

    ReplyDelete
  28. mampir kembali mas PP...Sambil menimba ilmu lagi :)

    ReplyDelete
  29. halo sobatku apa kabar nih budidaya ikannya, bnr2 kreatif ya, dgn menghemat begini, omzet pasti naik donk :)

    ReplyDelete
  30. makasih kang, bermanfaat banget nih artikel

    ReplyDelete
  31. Selamat malam masih penasaran ingin baca lagi nih kawan,hehe,,,,banyak sekali yang bisa diambil dari artikel yang satu ini hehe

    ReplyDelete
  32. Nice Article....
    Selamat siang teman

    ReplyDelete
  33. Ide nya kreatif, tambah karyawan, tambah penghasilan, dan semakin luas jaringan usaha.

    Memang sering juga pakan untuk ternak ikan naik semau-maunya, dengan begini kan tidak begitu terpengaruh dengan aksi spekulan nakal

    ReplyDelete
  34. wah mantep nh untuk di pelajari,,,oh ya sob mnt referensi bahan pakan untuk ternak bebek ada gk,,mksh infonya semoga makin sukses

    ReplyDelete
  35. Selain lebih hemat itu bisa mengatur kadar protein yang di butuhkan ikan..
    Siipp pokoknya

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat

Popular posts from this blog

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

MENGENAL IKAN SIDAT DAN PROSPEKNYA

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan