Thursday, April 13, 2017

Perlunya Kegiatan Restocking



Perkembangan Penduduk dunia umumnya dan di Indonesia khususnya kian hari semakin bertambah, demikian juga jumlah kebutuhan akan hasil pangan seperti pada komoditas perikanan juga semakin bertambah namun jumlah lahan tetap saja. Sekalipun demikian kemajuan dukungan teknologi dalam pengelolaan perikanan tetap semakin maju dan berkembang begitu pesat bahkan  dapat dilakukan melalui teknologi yang kian semakin berkembang kemajuannya.


Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Luas perairan umum di Indonesia sampai saat ini cukup besar dan diperkirakan lebih dari 55 juta ha, yang terdiri dari perairan sungai beserta lebaknya seluas 11,95 juta ha; danau alam, dan buatan seluas 2,1 juta ha, dan perairan rawa seluas 39,4 juta ha. Dari total luas perairan umum yang ada, 60 % berada di Kalimantan, 30 %-nya berada di Sumatera dan sisanya di Sulawesi, Jawa, Bali, NTB dan Irian Jaya. Sedangkan jenis ikan yang ada sekitar 600 spesies, termasuk diantaranya jenis ekonomis penting, ikan budidaya atau jenis ikan yang dapat dibudidayakan.
Perairan umum mempunyai posisi yang strategis dan berfungsi multi guna, selain dimanfaatkan sektor perikanan, juga dimanfaatkan oleh sektor perindustrian, pariwisata, perhubungan, pemukiman dan sebagainya. Perairan umum terdiri dari danau, waduk, rawa, lebak, sungai serta genangan lainnya, merupakan salah satu sumberdaya perairan yang potensial untuk lebih dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia, khususnya kebutuhan protein hewani dari ikan. Pemanfaatan perairan umum tersebut umumnya dilakukan melalui kegiatan penangkapan ikan, namun dengan semakin berkembangnya teknologi dan keterampilan masyarakat, maka perairan umum telah dimanfaatkan untuk kegiatan usaha budidaya perikanan secara intensif. Produksi perikanan perairan umum sebagian besar didominasi oleh produksi penangkapan, kini terjadi pergeseran ke arah sektor budidaya. Pergeseran ini terlihat dari penurunan perikanan hasil penangkapan serta meningkatnya produksi dari usaha budidaya di perairan umum.

Pengelolaan perairan umum sebagai salah satu upaya kegiatan perikanan dalam memanfaatkan sumberdaya secara berkesinambungan perlu dilakukan secara bijaksana. Kegiatan pemanfaatan sumberdaya ikan di perairan umum melalui kegiatan penangkapan dan budidaya mempunyai kecenderungan semakin tidak terkendali, dimana jumlah tangkap tidak lagi seimbang dengan daya pulihnya. Agar terjadi keseimbangan maka diperlukan pengelolaan sumberdaya yang lebih hati-hati. Di perairan umum agar tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan, serta terjaminnya kelangsungan usaha pemanfaatan sumberdya ikan dengan tetap mempertahankan kelestarian sumberdaya ikan di perairan umum.

Melakukan kegiatan restocking adalah langkah terbaik untuk meningkatkan jumlah populasi ikan akibat produksi penangkapan yang dilakukan secara terus menerus khususnya diperairan umum.

Kegiatan restocking ini juga sudah dilakukan oleh pemerintah melalui kementerian kelautan dan perikanan, namun demikian perlu juga adanya dukungan dari pihak-pihak terkait dari pemerintah daerah masing-masing melalui instansi dan juga para pelaku usaha dibidang perikanan.

Kegiatan Restocking ini merupakan salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami krisis akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatannya berlebihan. Sedangkan tujuan dilakukannya  restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Demikian saja sebagai bahan informasi semoga bermanfaat.


Perlunya Kegiatan Restocking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: RUSTADI MM

24 komentar:

  1. restocking sebenarnya bisa berfungsi sesuai dengan tujuan mulianya..yg penting pemerintah tidak berjalan sendiri dalam program ini, dan harus melibatkan segala unsur masyarakat..agar restocking ini benar2 mencapai hasil maksimal untuk mengembalikan perairan kepada fungsi utamanya yakni sebagai peyeimbang ekosistem aquatik.....salam :-)

    ReplyDelete
  2. selamat siang, artikel perairan, mungkin termasuk teluk ya, saat ini di Bali sedang dibahas Reklamasi Teluk Benoa, semoga bisa memberikan masukan pemikiran, terima kasih

    ReplyDelete
  3. luas banget ya perairan negri kita
    dan pasti juga banyak ikan-ikanya
    yang harusnya mencukupi gizi dimana-mana
    dan sejahtera karena banyak makan ikan selalu sehat tentunya

    ReplyDelete
  4. Perairan kita yang sebegitu luas, semoga dengan adanya restocking ini, bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  5. nah berarti dinas kelautan kudu bikin sebuah program terpadudengan menurunkan ahli pemberdayaan untuk terus membantu seluruh unsur untuk bekerjasama dalam restocking ini,kalau ada programpemberdayaan...kabari saya ya kang...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar pasti datang
      jika mau kembali bertandang

      Delete
  6. saya sangat setuju mas PP dengan adanya Restocking ini, agar populasi ikan tidak menjadi berkurang, semakin banyak ikan akan semakin menguntungkan para nelayan yang mencari nafkah dengan menangkap ikan :)

    ReplyDelete
  7. kunjungan bang, menyimak saja yah untuk masalah perairan saya belajar disini dan banyak ilmu yang saya dapat dari sini. jadi saya pasrahkan saja sama yang mengerti tentang pengairan .

    ReplyDelete
  8. spertinya mesti dilakukan dibanyak tempat restocking ini...spya ktersdian ikan ttap trjaga

    ReplyDelete
  9. kegiatan restocking memang perlu juga untuk meningkatkan populasi ikan yang keberadaannya semakin berkurang yah mas PP :)

    ReplyDelete
  10. ternyata di negeri tercinta ini ada banyak jenis ikan ya? sebagagai budidaya dan untuk konsumsi... makasih pak informasinya :D

    ReplyDelete
  11. Saya jd paham tujuan program ini...setelh membaca nya

    Dan bila di lihat dari manfaatnya..program ini pun memang di rasa harus di ikutkan/di libatkan utk semua pihak yg terkait..agar trus dan dpt berjln kelestarian n keberadaan ikan2 yg tiap harinya di tangkap utk di konsumsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah saya tuh mau komentar ini eh keburu sama mas bud ya tinggal bilang setuju saja iya kan hehe

      Delete
    2. ok , aku ikutan
      menangkap ikan
      lalu digoreng dan dimakan
      tiap hari tanpa bosan

      Delete
  12. ngabsen aja pak,.

    kurang faham sama bginian

    ReplyDelete

Komentar anda sangat bermanfaat