Rumput laut Dapat mencegah Tekanan Darah Tinggi




Saya rasa kita semua sudah banyak mengenal yang namanya Rumput laut, karena Hasil olahan Rumput lautsekarang sudah banyak dimana-mana termasuk di super market.  Rumput laut yang yang sudah diolah ini pada umumnya memiliki rasa yang enak  apalagi kalau  dijadikan agar-agar ataupun manisan lainnya sehingga memiliki manfaat yang sangat dahsyat. Rasanya kenyal enak, bahkan Rumput laut ini kaya  akan serat alami dan bisa menurunkan tekanan darah.

Related Posts:

CARA MEMANEN RUMPUT LAUT

 A.PENANGANAN RUMPUT LAUT

 CARA MEMANEN RUMPUT LAUT - Penanganan merupakan kegiatan pra panen untuk mendapatkan mutu bahan baku yang baik sesuai standar. Oleh karenanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kegiatan pra panen akan dapat memaksimalkan mutu rumput laut  baik dari mutu bahan baku maupun nilai jualnya.




Related Posts:

PRODUK RUMPUT LAUT UNTUK INDUSTRI

Didalam postingan ini juga merupakan kelanjutan dari sebelumnya yaitu tentang Penanganan Rumput laut. Dalam pemanfaatannya Rumput laut dapat digunakan untuk berbagai keperluan antara lain adalah:

1.  Agar-agar   
     
Agar merupakan hidrokoloid rumput laut yang memiliki kekuatan gel yang sangat kuat. Senyawa ini dihasilkan dari proses ekstraksi rumput laut kelas Rhodophyceae terutama genus Gracilaria, Gelidium.
 

Related Posts:

ANEKA PRODUK DAN OLAHAN RUMPUT LAUT

A. PRODUK RUMPUT LAUT
1.Alginat

Alginat pertama kali di ekstrak dari rumput laut jenis Laminaria  oleh seorang ahli kimia Inggris ECC .Stanford pada tahun 1883, kemudian ekstraksi alginat dikembangkan  dengan tujuan untuk memperbaiki mutu alginat yang dihasilkan.  Rendemen alginat yang dihasilkan dari rumput laut tergantung dari jenis rumput laut coklat, kondisi tempat tumbuhnya dan iklim serta intensitas cahaya, besar kecilnya arus, umur dan juga penanganan pada pra panen , proses pasca panen.     

Related Posts:

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT RUMPUT LAUT.


A. Kandungan Kimia Rumput Laut       
Kandungan rumput laut umumnya adalah mineral esensial (besi, iodin, aluminum, mangan, calsium, nitrogen dapat larut, phosphor, sulfur, khlor. silicon, rubidium, strontium, barium, titanium, cobalt, boron, copper, kalium, dan unsur-unsur lainnya), asam nukleat, asam amino, protein, mineral, trace elements, tepung, gula dan vitamin A, D, C, D E, dan K.
Kandungan kimia penting lain adalah karbohidrat yang berupa polisakarida seperti agar – agar. Karagenan dan alginat ( Atmadja,1999). Rumput laut yang banyak dimanfaatkan adalah dari jenis ganggang merah karena mengandung selain agar – agar.

Related Posts:

Tehnik Pembenihan Kepiting Bakau

kepiting Bakau
Postingan ini merupakan Kelanjutan dari postingan sebelumnya, Masih sekitar Kepiting Bakau, untuk diketahui sebenarnya Tehnik  Pembenihan kepiting bakau telah berhasil di coba kan  pada tahun 1992 -1994 di Balai Budidaya Air Payau Jepara  dan di Balai Besar Budidaya Pantai, Gondol, Bali.  Namun demikian sampai sekarang tehnologi pembenihan komoditi yang sebenarnya mendapat pasaran cukup besar dan menjanjikan di luar negeri ini, ternyata juga masih belum mendapat tanggapan dari para pengusaha swasta, sehingga belum dikembangkan.  Disamping Kendala yang dihadapi pada waktu itu , sudah diidentifikasi dan masih perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. 


Related Posts:

Pengertian Reklamasi, Tujuan dan Sistemnya

Pengertian Reklamasi, Tujuan dan Sistemnya - Reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah luasan daratan untuk suatu aktivitas yang sesuai di wilayah tersebut dan juga dimanfaatkan untuk keperluan konservasi wilayah pantai. Reklamasi ini dilakukan bilamana suatu wilayah sudah tererosi atau terabrasi cukup parah sehingga perlu dikembalikan seperti kondisi semula, karena lahan tersebut mempunyai arti penting bagi negara. Salah satu contoh reklamasi yang sedang banyak dibicarakan adalah reklamasi pantai di Jakarta Utara.

Related Posts:

Lele sangkuriang Dengan Kolam Terpal

KOLAM LELE                          
                                                Lele sangkuriang Dengan Kolam Terpal
Kolam lele
Postingan ini masih dalam tindak lanjut pada postingan sebelumnya juga merupakan jawaban atas  pertanyaan dari para sahabat. lele sangkuriang dan Kolam terpal ini merupakan sebuah judul yang isinya membicarakan soal ikan lele dan juga kolam terpal. Mengapa lele sangkuriang d

Iya tentu saja karena pada umumnya masyarakat disekitar kita lebih suka, dan sering kita lihat dimana-mana pada umumnya ikan lele seperti sangkuriang ini banyak dipelihara di kolam terpal,

Related Posts:

Teknologi Lokasi Desain Konstruksi Tambak


Penyuluh Perikanan,   Kegiatan budidaya udang merupakan jenis usaha perikanan yang hampir semua proses produksinya dapat ditargetkan sesuai dengan keinginan, sejauh manusia dapat memenuhi persyaratan pokok dan pendukung kehidupan serta pertumbuhan udang yang optimal. Usaha ini pernah menunjukkan hasil yang memuaskan hingga Indonesia menjadi produsen udang papan atas di dunia yaitu pada tahun 1994 mampu mencapai angka produksi > 300.000 ton/tahun (produksi dari tambak intensif sekitar 60 %, tambak sederhana mencapai 20% dan tambak semi-intensif sekitar 10%). Sedangkan mulai tahun 1997 hingga sekarang produksi udang Indonesia mengalami penurun yang tidak sedikit, yaitu kira-kira produksi per tahun berkisar antara 160.000-200.000 ton( Anonim, 2003).


Dengan berjalannya waktu, proses produksi udang di tambak mengakibatkan terabaikannya kontrol atas prinsip mikrobiologis dan proses eutrofikasi.

Related Posts:

Pengawetan Ikan dengan Sistim Pengasapan

Pengasapan Ikan


Pengasapan Ikan adalah merupakan cara yang digunakan dalam usaha perikanan sebagai salah satu cara dari suatu proses yang bertujuan untuk mengawetkan ikan. Usaha pengawetan ikan melaui sistim pengasapan sebenarnya sudah cukup lama dengan berbagai bentuk dan ragamnya dan sudah dikenal oleh masyarakat perikanan umumnya.

Untuk itu bagi anda sebagai pelaku utama dan pelaku usaha dibidang  perikanan khususnya yang melakukan kegiatan  pengolahan sebagai usaha perbaikan

Related Posts:

MENGENAL PENYULUH PERIKANAN



Selamat Datang dan salam sejahtera bagi kita semua. Sahabat Penyuluh Perikanan yang saya hormati, postingan kali ini Penyuluh perlu berbagi untuk memperkenalkan kepada sahabat semua, Mungkin sahabat semua ingin tahu, untuk itu silahkan baca.


Related Posts:

Cara Membuat Infusoria Makanan Benih Ikan Hias

Infusoria adalah salah satu makanan alami budidaya ikan yang termasuk kelas dari protozoa. di kelas infusoria ini, dikenal subkelas ciliata,yang sudah tak asing lagi contohnya paramecium, didinium, colpoda, dan balantidium.infusoria umumnya hidup di air tawar.


Planton
Infusoria memiliki Ukuran bervariasi antara 25micron - 300 micron, jadi cukup kecil untuk dimakan oleh benih ikan. Biasanya Infusoria banyak ditemukan di air yang mengandung bahan organik, seperti air dari kolam ikan yang berwarna hijau, terutama di tempat-tempat yang sedang mengalami pembusukan berat.Infusoria juga makan ganggang renik, ragi, dan bahan organik yang halus. walaupun termasuk protozoa, tapi infusoria bisa dilihat dengan mata secara langsung. kalau dilihat, akan tampak seperti bintik putih yang bergerak-gerak. 



Related Posts: