Posts

Showing posts from April 17, 2017

Jenis - Jenis Alat Tangkap Ikan Khas Dari Indonesia

Image
1. Pukat Udang Pukat udang atau biasa juga disebut pukat harimau adalah jaring yang berbentuk kantong yang ditarik oleh satu atau dua kapal, bisa melalui samping atau belakang. Alat ini merupakan alat yang efektif namun tidak selektif sehingga dapat merusak semua yang dilewatinya.

Oleh karena itu kecenderungan alat tangkap ini dapat menjurus ke alat tangkap yang destruktif. Aturan-aturan yang diberlakukan pada pengoperasian alat ini relatif sudah memadai, namun pada prakteknya sering kali dijumpai penyimpangan-penyimpangan yang pada akhirnya dapat merugikan semua pihak.

Tujuan utama pukat udang adalah untuk menangkap udang dan juga ikan perairan dasar (demersal fish).

Budidaya Ikan Di Danau Tondano

Demonstrasi merupakan salah satu metode penyuluhan perikanan yang berdasarkan pada pendekatan kelompok. Metode pendekatan ini cukup efektif, karena sasaran yang dibimbing dan diarahkan secara kelompok untuk melakukan suatu kegiatan yang lebih produktif atas dasar kerja sama. Dalam pendekatan kelompok banyak manfaat yang diambil, disamping dari transfer teknologi informasi juga terjadinya tukar pendapat dan pengalaman antar sasaran penyuluhan dalam kelompok yang bersangkutan.Metode penyuluhan perikanan demonstrasi dibagi ke dalam dua jenis yaitu demonstrasi cara dan demonstrasi hasil. Demonstrasi cara adalah teknik penyuluhan perikanan berupa kegiatan untuk memperlihatkan secara nyata tentang cara penerapan teknologi perikanan yang telah terbukti menguntungkan bagi pelaku utama dan/atau pelaku usaha perikanan.  Tujuannya adalah untuk meyakinkan orang bahwa suatu cara kerja tertentu yang dianjurkan itu bermanfaat dan mudah dilakukan.


Menuju Kejayaan Mutiara Laut Selatan Indonesia

Image
Sebagai negara penghasil South Sea Pearl kualitas terbaik dan terbesar dunia, Indonesia memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan mutiara dunia. Saat ini menurut data ekspor kerang dunia 53% kebutuhan mutiara dunia berasal dari hasil laut Indonesia, berarti lebih dari separuhnya mutiara laut selatanberasal dari Indonesia, baik mutiara yang dihasilkan secara alam maupun melalui budidaya. disaat mutiara telah sampai ke pasaran dunia sangat sulit sekali untuk melacak keberadaan mutiara ini, apalagi belum adanya tehnologi yang mendukung pada saat itu. 


Kualitas mutiara laut selatan asal Indonesia sudah lama populer di pasar Internasional. Namun sangat disayangkan, popularitas dan keunikan yang dimiliki mutiara laut selatan Indonesia tersebut sering dibajak dan diklaim oleh negara-negara lain yang juga memiliki potensi yang sama, khususnya dalam sumber daya alam South Sea Pearl, Mutiara terbaik dunia dengan warnanya yang putih berkilau sampai dengan kuning keemasan serta memiliki si…

TIPS SUKSES PENGELOLAAN PASCA PANEN RUMPUT LAUT

Image
Rumput laut sebagai salah satu komoditas unggulan perikanan budidaya mempunyai peluang untuk dikembangkan, mengingat Indonesia mempunyai potensi lahan pengembangan yangsangat besar. Sejalan dengan target pencapaian produksi rumput laut Indonesia sebagaimana yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI sampai dengan tahun 2014sebesar 10.000.000 (sepuluh juta ) ton, maka perlu upaya serius dari semua stakeholders dalam melakukan pemanfaatan sumberdaya rumput laut secara optimal dan berkelanjutan.

Penghijauan Bumi

Image
Setiap kita semua pasti menginginkan kehidupan yang damai aman, sejahtera dan Damai tanpa ada gangguan dari alam ini, dan memang hidup tidak selalu indah, Namun kita ini juga harus memahami akan makna kehidupan.

Banyak sekali ayat ayat Tuhan yang diberikan kepada Umat manusia dengan melalui gerakan alam ini. Manusia yang bijak dan paham akan semua kejadian alam pasti menyadari. Kerusakan yg terjadi dimana mana itu juga akibat ulah manusia.