Posts

Showing posts from April 9, 2017

Pakan Hijauan Alternatif untuk Gurami

Image
Pendahuluan
gurame  identik dengan daun sente. Di mana ada kolam gurame, maka di situ pasti ada tanaman sente. Pembudidaya yakin Alokasia macrorrhizos itu merupakan pakan wajib gurame. Bisakah fungsinya digantikan dengan tanaman lain? Jamak bagi pembudidaya gurame untuk menanam sente 2-3 bulan sebelum menebar benih gurame. Daun kerabat keladi itu merupakan pakan utama gurame. Pembudidaya gurame mewajibkan sente sebagai pakan utama dalam pembesaran gurame. Menurut informasi yang mereka ketahui, bahwa daun sente kaya serat yang dapat memperlancar proses pencernaan gurame.

Budidaya Ikan Mujair

Image
Sebelum ikan nila dan ikan emas ini dikenal oleh masyarakat  ikan mujair ini sangat digemari bahkan sampai sekarangpun jenis ikan mujair ini terus berkembang dan dikembangkan oleh masyarakat kita mulai dari tingkat pedesaan sampai diperkotaan.
sistim usaha perkanan Mujair ini paling mudah dan tidak juga terlalu sulit, karena ikan mujair ini termasuk jenis ikan yang mudah hidup di perairan Air tawar, bahkan sedikit yang mengandung payau. Postingan kali ini saya sajikan untuk anda yang ingin mengetataui dan mungkin ingin mencari petunjuk dalam tehnik pembudidayaannya, semoga petunjuk ini menjadi bahan pengetahuan dan bisa menambah wawasan kita dalam usaha Budidaya ikan Mujair di kolam air tawar.

Apa itu Rumput Laut

Image
Apa Rumput Laut itu sebenarnya ? Sebutan “ rumput laut”, walaupun   dari segi botanis (ilmu tumbuhan) tidak tepat, namun karena sudah terlanjur biasa  dipergunakan dalam dunia perdagangan di Indonesia maka istilah tersebut terus dipakai sampai sekarang. Sebutan rumput laut merupakan terjemahan harfiah dari “seaweeds” dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai tumbuhan pengganggu. Rumput laut, sebenarnya adalah algae laut (agar-agar  atau ganggang) yang termasuk tumbuhan tingkat rendah (Thallophyta) di laut.

Mengenal Ikan Pesut Mahakam

Image
Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris) adalah mamalia air yang unik. Berbeda dengan lumba-lumba dan ikan paus, pesut hidup di air tawar: di sungai dan danau daerah tropis dan subtropis.

Pesut Mahakam adalah salah satu sub-species dari populasi pesut di Sungai Irrawaddy (Myanmar), Sungai Mekong (Kamboja, Laos, dan Vietnam), Danau Songkhla (Thailand), dan Malampaya (Filipina). Kabarnya pesut, atau irrawaddy dolphin, di Myanmar, Kamboja, Laos, dan Vietnam sudah punah.




Pembenihan Rajungan (Portunus pelagicus)

Image
Dalam pembenihan rajungan, diperlukan beberapa ketentuan antara lain penyediaan induk rajungan yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas serta kondisi lingkungan yang sangat menentukan terhadap keberhasilan dari perbenihan rajungan di mana suhu, salinitas, makanan, dan sistem pemeliharaan yang berbeda akan mengakibatkan proses intermoult (lama antar pergantian kulit) dan waktu untuk metamorfosis 1 akan berbeda juga. Berikut beberapa keterangan tentang teknik pembenihan rajungan.




PERANAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN

Image
Penyuluh Perikanan.com._Pada postingan sebelumnya telah kita jelaskan tentang pengertian Media Penyuluhan perikanan, dan kita juga tahu bahwa  perkembangan dan Kemajuan teknologi perikanan saat ini telah dirasakan begitu semakin pesat, hal ini juga dapat kita rasakan bersama. Kemajuan Perkembangan Teknologi yang merupakan Tuntutan untuk meningkatkan kualitas produksi memang tidak dapat dibiarkan begitu saja. Pengaruh berbagai Tehnologi dan informasi yang berkaitan dengan hal-hal tersebut juga perlu disalurkan dengan cepat dari sumber pesan kepada sasaran, yakni pelaku utama, Pelaku usaha dan keluarganya serta masyarakat perikanan lainnya. Oleh karena itu peranan media penyuluhan perikanan benar-benar sangat penting dan selalu dibutuhkan sebagai penyalur pesan terbaik kepada sasaran, apakah itu berupa informasi maupun Teknologi baru dibidang Perikanan.

8 Jenis-jenis Rumput Laut di Indonesia

Image
Kekayaan sumber daya laut Indonesia, keragaman hayati dan jenis jenis sumber daya alam di dalamnya begitu melimpah ruah. Rumput laut merupakan salah satu biota laut yang beragam spesiesnya di Indonesia. Kekayaan spesies dari rumput laut ini tidak hanya berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem namun dapat diambil manfaatnya. Manfaat dari rumput laut ini sangatlah beragam, diantaranya yaitu, sebagai bahan baku industri masakan, industri kosmetik, industri konstruksi, farmasi, kesehatan dan kedokteran. Untuk itu telah banyak masyarakat terutama masyarakat pesisir yang telah membudidayakan berbagai jenis rumput laut. (baca juga cara menjaga keseimbangan ekosistem dan pelestarian biota laut)

Pengelompokan tumbuhan rumput laut termasuk ke dalam makroalga, yang tidak memiliki akar, daun dan batang sejati (Thallophyta). Terdapat thallus yang menggantikan fungsi akar pada tumbuhan, yaitu sebagai penyerap hara dan nutrisi dari sekitar. Proses fotosintesis pada tumbuhan juga terjadi pada ru…

Rumah Baru Penyuluh Perikanan

kementerian kelautan serta perikanan masih memvalidasi data penyuluh perikanan di berbagai daerah sehubungan menggunakan pengalihan tenga pendamping itu ke pusat.
Dari 3.231 penyuluh perikanan pns dan  30 pengawas perikanan bidang mutu yang akan terjadi perikanan, tinggal 900 data lagi yg perlu divalidasi.

PENGOLAHAN IKAN BANDENG

Image
Selamat berjumpa kembali di Blog Penyuluh Perikanan, setelah sudah memakan waktu yang cukup lama Alhamdulillah akhirnya pada kesempatan kali ini saya kembali menjmpai anda kembali untuk saling berbagi, dalam sistim Penyuluhan perikanan. sebenarnya dari kemarin rasanya ingin ngeblog, berhubung kondidi di Daerah saya ini masih banyak gangguan Listrik jadi mohon ma'af agak terlambat, sedikit, Tapi syukur juga hari ini penyuluh ingin kembali berbagi dengan sahabat semua, semoga pada kesempatan ini bisa lancar.
 Untuk kesempatan kali ini saya mengambil judul tentang Pengolahanikan bandeng, dan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya, mulai dari pengenaln ikan bandeng, karakteristiknya, dan sampai kepadaPenanganannya.

KARAKTERISTIK IKAN BANDENG

Image
Sahabatku semua, pada postingan sebelum ini, Penyuluh perikanan  telah mengenalkan kepada anda tentang Ikan Bandeng, maka postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya, yaitu Mengenal ikan Bandeng.

Si Ikan Bandeng dikenal sebagai Ikan Air payau yang digemari oleh masyarakat Indonesia umumnya, dan biasanya banyak di sukai oleh Orang jawa, karena selain memiliki Gizi yang cukup, tinggi, harga terjangkau, juga memiliki rasa yang enak, disamping proses pemeliharaannya juga sangta mudah oleh kalangan Pengusaha ikan. khususnya dalam pembudidayaannya.